Cara Budidaya Kacang Panjang

Budidaya kacang panjang tidak terlalu sulit, sebab jenis tanaman ini dapat tumbuh di berbagai kondisi tanah. Tapi untuk mendapatkan hasil yang optimal tentu harus memilih lahan tanam yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Budidaya Kacang Panjang
Supaya kacang hijau dapat tumbuh dengan subur, pastikan kondisi lahanya memiliki tanah yang gembur, dan terkena sinar matahari langsung serta memiliki sistem drainase yang baik. Bila kondisi lahan tanam memiliki kandungan hara yang banyak maka akan membuat kacang panjang tumbuh subur.

Pengolahan Lahan Budidaya Kacang Panjang
Kacang panjang akan dapat tumbuh secara maksimal apabila di tanam di lahan yang baik. Oleh sebab itu sebelum anda menanam kacang panjang sebaiknya anda siapkan lahan tanamnya terlebih dulu yang sesuai dengan kebutuhan tanaman ini. Langkah awal ialah pengemburan lahan tanam, bisa dengan cara dibajak ataupun dicangkul. Bila tanah sudah gembur setelah itu buatlah bedengan di atas tanah yang sudah dibajak. Usahakan tanah yang dibuat bedengan gembur ataupun sehalus mungkin agar akar tanaman bisa berkembang dengan baik.

Selanjutnya buatlah bedengan sejajar yang mengarah ke arah timur – barat. Hal ini berguna supaya tanaman dapat terkena sinar matahari secara maksimal. Buatlah bedengan dengan ukuran 80 – 90 cm, dengan ketinggian 20 – 25 cm, khusus lahan sawah tinggi bedengan 30 cm, jarak antar bedengan sekitar 40 – 50 cm, dan panjang bedengan menyesuaikan dengan kondisi lahan.

Jarak antar bedengan dibuat lebih lebar supaya memudahkan perawatan dan pemanenan yang dilakukan secara bertahap. Selain itu jarak antar bedengan juga berfungsi sebagai saluran drainase, terutama ketika kacang panjang ditanam di awal musim hujan. Adanya jarak antar bedengan akan dapat memperkecil kemungkinan tergenangnya air di sekitar tanaman.

Penanaman Benih Kacang Panjang
Hasil yang baik bisa di dapat jika benih kacang panjang langsung ditanam dan tidak perlu disemaikan. Untuk pemilihan benih yang berkualitas bisa dilihat secara kasat mata yakni, penampilan benih mengkilat. Bila direndam dengan air benih akan tenggelam, bila ada yang mengambang atau mengapung sebaiknya tidak digunakan untuk benih.

Jarak tanam antar tanaman ialah sekitar 40 cm, jarak antar baris sekitar 30 cm. Jadi di dalam satu bedengan terdapat 2 baris. Buatlah lubang tanam dengan cara ditunggal pada setiap bedengan dengan memperhatikan jarak tanam. Kemudian masukan 2 – 3 biji kacang panjang setiap lubang, tutup kembali dengan tanah di atasnya. Untuk satu hektar lahan memerlukan benih sebanyak kurang lebih 50 kg benih.

Perawatan Budidaya Kacang Panjang
Perawatan yang harus dilakukan ialah pengairan. Pada lahan irigasi, penyiraman dapat dilakukan dengan menggenangi lahan dengan air. Setelah lahan dirasa sudah lembab, air dikeluarkan lagi. Sedangkan pada lahan tadah hujan, terutama pada saat awal pertumbuhan benih, penyiraman dilakukan dengan cara manual. Setelah tanaman berumur 20 hari saatnya memberikan pupuk tambahan.

Pemupukan lebih baik memakai pupuk kompos dengan jumlah 20 ton per hektar dan ditebar di sekitar tanaman. Setelah diberikan pupuk pada bedengan ditutup kembali dengan tanah sekaligus untuk menaikan ketinggian bedengan. Hal ini dilakukan untuk memperkuat cengkraman akar tanaman selain itu agar pupuk meresap ke dalam tanah.

Sesudah melakukan pemupukan tambahan, setelah itu pasang potongan bambu sebagai tiang rambat bagi kacang panjang. Pada usia 20 hari biasanya kacang panjang sudah mulai tumbuh dan membelit.

Cara memasang potongan bambu yakni dengan menancapkan satu tiang di sekitar tanaman. Satu potongan bambu untuk satu tanaman, kemudian gabungan 4 potongan bambu yang saling berdekatan pada ujung atasnya kemudian diikat menjadi satu. Lakukan seterusnya sampai setiap tanaman memiliki satu tiang rambat.

Sesudah benih kacang panjang ditanam biasanya akan banyak tanaman pengganggu yang tumbuh di sekitar lahan tanam. Oleh karena itu perlu dilakukan penyiangan terutama ketika awal tanaman tumbuh. Untuk menghindari kurangnya nutrisi pada tanaman maka gulma atau tanaman pengganggu lain harus dibersihkan. Penyiangan dapat dilakukan dengan cara mencabut tanaman pengganggu secara langsung atau dipotong dengan memakai alat bantu seperti arit atau parang.

Hasil Panen Budidaya Kacang Panjang
Kacang panjang dapat dipanen ketika tanaman kacang panjang berumur sekitar 45 – 50 hari ataupun sekitar 2 bulan. Buah yang sudah siap untuk dipanen memiliki ciri warna hijau keputihan. Cara panen dilakukan dengan cara dipetik secara manual. Biasanya sirklus panen bisa dilakukan sebanyak 15-18 kali dalam masa satu kali tanam.

Advertisements