Mau Benih Padi Tahan Penyakit, Terapkan Cara Ini Segera!

Tanaman Padi Tahan Penyakit

Benih padi menjadi salah satu media persebaran penyakit yang menyerang tanaman padi. Oleh sebab itu, pencegahan penyakit sejak padi masih dalam bentuk benih sangat penting untuk dilaksanakan.

Salah satu cara untuk menyeleksi benih padi supaya tak tercampur dengan benih padi berpenyakit yaitu melaksanakan seleksi dengan larutan air garam. Cara ini adalah salah satu langkah yang sudah sangat sering dilaksanakan oleh para petani.

Larutan air garam dibuat dengan melarutkan 5—6 sendok garam dengan air sebanyak 1 liter. Larutan ini nantinya akan dipakai untuk menekan pertumbuhan organisme penyerang tanaman yang sudah melekat pada benih sebelum benih ini ditanam.

Dosis air garam ini bisa diperiksa dengan memakai telur ayam sebagai indikatornya. Masukkan telur ayam yang masih mentah dan segar ke air garam tersebut. Apabila telur ayam sedikit terangkat, dosis yang dipakai sudah cukup. Jika telur ayam masih tenggelam sepenuhnya, laksanakan penambahan garam sampai telur sedikit terangkat dari dasar air.

Masukkan benih yang akan diuji ke larutan air garam. Apabila ada benih yang terapung, sebaiknya segera dibuang. Langkah berikutnya, buang air garam tersebut. Bilas benih padi dengan air mengalir samapi air garam tak tersisa pada benih tersebut.

BACA JUGA:
Mengulik Jenis Budidaya Ramah Lingkungan yang Sedang Tren, Apa Itu?
Membuat Kebun Minimalis di Lahan Sempit, Ini Tips & Triknya!
Iniloh 8 Cara Pemindahan Bibit Tanaman Agar Tak Stres, Mau Tau?

Benih padi ini kemudian diperam sampai berkecambah selama kurang lebih 1—2 hari. Jika sudah, perendaman kembali dilaksanakan dengan larutan Paenibacillus polyxima. Pakailah dosis secukupnya, yakni hanya 5 mililiter per liter. Perendaman ini dilaksanakan cukup dalam waktu yang sangat singkat, yakni 15 menit sebelum benih ditebar.

Larutan Paenibacillus polyxima ini bisa menghambat pertumbuhan penyakit yang biasa menyerang padi. Tanpa pemakaian Paenibacillus polyxima, masih ditemukan penyakit bercak sempit dan busuk pelepah dengan intensitas yang cukup tinggi.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Untuk sementara itu, pemakaian rendaman dengan Paenibacillus polyxima akan tampak tanaman yang tumbuh lebih tinggi, bulir yang lebih besar dan tampak sehat, serta intensitas penyakit dominan ditemukan lebih sedikit.

Bukan hanya itu, pertumbuhan tanaman padi juga akan meningkat sampai perkecambahan total mencapai 82,7%. Perbedaan ini cukup signifikan karena perkecambahan tanpa pemberian Paenibacillus polyxima hanya menghasilkan perkecambahan sebanyak 56%.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Mau Benih Padi Tahan Penyakit, Terapkan Cara Ini Segera! dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Polybag untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s