Faktor Penting Yang Wajib Anda Ingat Saat Pembibitan Tanaman

Petanani merawat bibit tembakau yang baru berusia satu bulan, di Desa Dasuk, Padewamu, Pamekasan, Jatim, Sabtu (10/5).
Faktor Penting Yang Wajib Anda Ingat Saat Pembibitan Tanaman

Jika Anda akan membudidayakan tanaman buah di halaman rumah, faktor yang harus Anda perhatikan yaitu cara terbaik dalam pembibitannya, sebab jika Anda melakukan kesalahan ketika proses pembibitan, bisa mengakibatkan tanaman buah akan sulit untuk tumbuh, apalagi berbuah. Maka Anda harus mempunyai metode khusus untuk melaksanakan pembibitan tanaman buah.

Hal ini sangat penting, sebab pembibitan tanaman merupakan suatu proses penanaman bibit mulai dari bentuk biji sampai menjadi tanaman bayi dengan munculnya tunas akar dan beberapa daun kecil menjadi kecambah, yaitu yang dilaksanakan selama beberapa hari, jadi akhirnya bisa ditanam kembali untuk pertumbuhan tanaman buah sampai dewasa dan berbuah.

Bila kita tak ingin gagal dalam hal pembibitan, sebaiknya Anda memerhatikan teknik serta kunci keberhasilan pembibitan tanaman itu sendiri. Dalam hal pembibitan, lebih baiknya perhatikan lingkungan sekitar Anda. Karena, lingkungan sekitar mewakili 70% keberhasilan dalam melaksanakan pembibitan sebuah tanaman. Tak hanya faktor lingkungan, ada baiknya Anda juga memerhatikan hal-hal berikut ini.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Kesehatan Tanaman Induk

Sebelum melaksanakan pembibitan sebuah tanaman, yang paling penting diperhatikan merupakan tanaman induk. Pastikan Anda memilih tanaman induk yang sehat, terbebas dari hama dan penyakit. Ciri tanaman induk yang sehat bisa kita lihat dari bentuk batang yang kokoh serta daun yang segar dan berkemilau tanpa adanya bercak pada daun.

Pilihlah tanaman induk yang cukup dewasa. Tanaman induk yang sudah cukup dewasa ditandai dengan adanya bunga dan sudah menghasilkan anakan, baik dari biji ataupun dari tunasnya. Tanaman yang sudah dewasa umumnya sudah mempunyai banyak energi yang terkandung dan siap untuk kita pijahkan dan ambil peranakannya.

Baca Juga:
Tips Berkebun Asik, Simak Artikel Ini!!
Trik Lengkap Cara Budidaya Lada atau Merica Dalam Polybag
Teknik Simpel Pembibitan Mawar, Salah Satu Tanaman Hias Terpopuler

Media dan Tempat Budidaya

Pakailah media untuk pengakaran tanaman yang relatif cepat. Sebagai contoh, kita bisa memakai coco peat, coco chip, arang, sekam bakar, kompos dan lain sebagainya. Media tanaman yang kita pakai ada baiknya dicocokkan terlebih dulu dengan bibit tanaman yang akan kita semai atau tanam. Pastikan banyak mengandung oksigen serta kandungan airnya dan mempunyai lubang pembuangan air yang cukup.

Media untuk tanaman yang paling bagus merupakan kombinasi dari berbagai bahan. Dengan kombinasi tersebut membuat media tanam mampu menahan air, tersedia pori-pori yang cukup, dan mampu menyimpan unsur hara yang cukup untuk kelangsungan hidup tanaman terutama untuk pertumbuhan akarnya.

Para petani biasanya banyak memakai jenis coco peat sebagai alat untuk penahan air dan memakai arang sekam bakar sebagai oksigen atau pori-porinya. Bukan hanya itu, pastikan media tanam terbebas dari hama dan penyakit dengan cara disterilkan terlabih dulu.

Taruhlah media tanaman tersebut di tempat khusus, bisa berupa tong atau lainya. Siram media tanam tersebut memakai air mendidih sampai rata. Jika sudah siap disiram, selanjutnya media dalam tong tersebut kita tutup rapat, biarkan selama 3 jam sampai sampai dingin. Sesudah dingin, media tanaman tersebut sudah steril, dan siap kita pakai sebagai penanaman bibit tanaman.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Polybag untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian dan Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s