Teknik Simpel Pembibitan Mawar, Salah Satu Tanaman Hias Terpopuler

Pembibitan Mawar
Teknik Simpel Pembibitan Mawar, Salah Satu Tanaman Hias Terpopuler

Jual Polybag Untuk Pembibitan Tanaman Hias – Lim Corporation

Menjadi salah satu tanaman hias paling populer, mawar banyak dibudidayakan. Umumnya mawar dirawat pada saat sudah memperoleh bibit mawar dan membesarkan bibit tersebut. Dan ternyata cara pembibitan mawar cukup gampang dan bisa dilaksanakan sendiri di rumah.

Waktu yang paling tepat untuk menanam bunga mawar yaitu di awal musim penghujan. Tanaman ini juga bisa dibibitkan dari bibit mawar cabutan dan bibit mawar dengan penyemaian. Berikut ini beberapa cara pembibitan mawar di polybag dengan penyemaian.

Langkah pertama, Anda harus mencari bibit mawar berkualitas terlebih dulu. Ciri bibit yang berkualitas yaitu jika dimasukkan ke air, bibit tersebut akan tenggelam. Apabila bibit mengambang, sebaiknya jangan dipakai karena kualitasnya kurang bagus.

Bibit yang sehat asalnya dari tanaman yang produktif berbunga. Bunga tanaman mawar umumnya tumbuh subur dan terlihat mempunyai warna cerah dan ukuran yang berkembang. Anda bisa mengambil bibit dari bunga mawar yang sudah matang yang ada di tanaman Anda sebelumnya.

Ambilah biji tersebut yang sudah membusuk dari mawar di media semai. Sesudah diuji dengan dimasukkan ke air, cuci biji yang akan dipakai dengan air bersih. Pencucian tersebut dilaksanakan untuk membersihkan biji. Kemudian, tiriskan biji untuk dikeringkan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Pengeringan biji dilakukan dengan cara ditiriskan di tempat yang teduh. Letakkan dan semaikan biji tanaman mawar dengan jarak antarbaris sekitar 5cm—10cm sampai benar-benar merata. Laksanakan penyiraman pada biji mawar secara berlanjut, kurang lebih 1-2 kali dalam sehari. Tunggu selama kurang lebih empat minggu. Biji mawar pun akan mulai berkecambah dan siap untuk langkah selanjutnya.

Baca Juga:
Dibalik Rasa Manisnya, Ternyata Pepaya Menyimpan Ribuan Manfaat Untuk Tubuh
Kenalkan 5 Teknologi Baru Bidang Pertanian di Indonesia, Mau Tau?
Kurangnya Suplai Pada Pasar, Membuat Potensi Bisnis Kroto Sangat Menjanjikan
Rahasia Meningkatkan Hasil Panen Dengan Teknik Rotasi Tanaman, Mau Coba?

Siapkan media tanam dalam polybag. Anda bisa memakai campuran tanah yang subur dan banyak terdapat kandungan unsur hara. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan bibit mawar menjadi lebih cepat.

Anda bisa memakai campuran tanah, pupuk organik, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Pindahkan bibit mawar ke dalam polybag tersebut. Lakukan perawatan sampai berumur kurang lebih 22 bulan. Ketika umur tersebut, bibit mawar pun sudah siap untuk dipanen dan dipindah ke media tanam sebagai tanaman hias.

Pindahkan bibit mawar ke tanah dengan ukuran 60cm dan lebar 60cm. Tanam mawar pada kedalaman kurang lebih 45cm. Ketika membuat lubang, tanah di bagian bawah harus dikumpulkan secara terpisah. Pemisahan ini dilaksanakan sebab kedua jenis tanah tersebut akan dipakai sebagai penutup lubang tanam. Jangan lupa untuk memilih lahan yang teduh untuk bunga mawar dan lebih baiknya tak terkena paparan sinar matahari.

Demikian penjelasan mengenai artikel berjudul “Teknik Simpel Pembibitan Mawar, Salah Satu Tanaman Hias Terpopuler”. Semoga penjelasan artikel tersebut bisa bermanfaat bagi Anda.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Polybag untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Polybag dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s