Selain Buahnya, Bagian Pohon Kurma Ini Juga Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh!

Kegunaan Pohon Kurma
Manfaat Dari Pohon Kurma

Jual Polybag Berkualitas Harga Murah – Lim Corporation

Siapa yang tak menegenal kurma? Buah dengan nama latin Phoenix dactylifera ini diperkirakan asalnya dari Iran dan sudah dibudidayakan sejak 4000 – 6000 SM. Pohon Kurma tergolong tanaman yang penting di jazirah Arab dan agama Islam. Bahkan kurma disebutkan sebanyak 50 kali di dalam Injil dan 20 kali di Al-Quran. Beberapa di antaranya yaitu, Allah memerintahkan supaya Maryam memakan kurma ketika mengandung Nabi Isa dan berfirman bahwa kurma tumbuh di tanah surga bersama delima.

Pada buah kurma mengandung khasiat baik bagi tubuh, seperti kismis dan aprikot kering. Dan juga di dalam buah kurma ada kandungan protein, serat, gula, vitamin A dan C, serta zat galian, seperti besi, kalsium, sodium, dan potasium. Kandungan protein di dalan buah kurma sekitar 2%, serat hampir 4%, dan kandungan gula 50%-57%. Untuk yang memiliki penyakit gula, jangan berkecil hati, karena buah kurma di dalamnya ada fraktosa dan gula tebu atau gula pasir yang mengandung sukrosa yang tak boleh terserap secara terus-menerus di dalam tubuh. Oleh sebab itu, zat tersebut terpaksa dipecahkan dulu oleh enzim sebelum bertukar menjadi glukosa kemudian diserap badan sebagai tenaga. Maka, jika kita memakan kurma, tenaga yang diserap badan akan merata. Untuk penderita penyakit gula, tetap diperbolehkan memakan buah kurma ini.

Bukan hanya buah kurma yang sudah tak diragukan lagi manfaat dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat pohon kurma sangat banyak. Dan juga dengan buah kurma yang manis dan legit ini. Namun sangat disayangkan tak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Padahal, pemanfaatannya cukup luas untuk banyak hal.

Baca Juga: Teknik Perbanyakan Tanaman Insulin Dengan Cara Stek, Coba & Nikmati Keuntungannya!

1. Kayu Pohon Kurma
Umumnya kayu pohon kurma dipakai untuk tiang dan langit-langit pada pondokan. Kayu pohon kurma ini lebih ringan bila dibandingkan dengan kayu pohon kelapa. Kayu ini juga tak begitu tahan lama.

Kayu pohon kurma dipakai untuk bahan baku konstruksi. Banyak jembatan dan saluran air terbuat dari kayu pohon kurma. Biasanya kayu kurma juga dipakai untuk bahan bakar.

2. Tandan Pohon Kurma
Tandan buah yang sudah dipotongi bisa dipakai untuk sapu. Di negara Pakistan, dikenal olahan sirup yang terbuat dari buah kurma yang sudah matang. Sirup ini bukan untuk dikonsumsi, akan tetapi sebagai zat pelapis tas kulit dan pipa. Tujuannya yaitu untuk mencegah kebocoran.

3. Getah Pohon Kurma
Pohon kurma mempunyai getah yang bisa untuk dimanfaatkan. Getah ini bisa dibuat menjadi sirup dan produk lain yang bisa dikonsumsi.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik URL berikut DISINI

4. Daun Kurma
Daun kurma dipakai oleh umat Kristiani sebagai properti dalam upacara Palm Sunday. Setiap Sukkot, salah satu hari libur di Yahudi, daun-daun kurma dipakai sebagai lulav. Di Afrika Utara, umumnya daun kurma dipakai untuk membuat pondokan. Daun yang sudah dewasa bisa dibuat menjadi tikar, layar, keranjang, dan kipas.

Dan juga bisa diolah menjadi isolasi. Tangkai daun yang sudah kering bisa jadi sumber selulosa dan dijadikan tongkat jalan, sapu, umpan pancing, sampai bahan bakar. Pelepah daun kurma bisa mengeluarkan aroma khas. Serat pelepah daun umumnya dijadikan tali, kain kasar, dan topi besar.

Baca Juga: Iniloh! Penghambat Pertumbuhan Saat Budidaya Jamur Tiram dan Cara Mengatasinya

5. Biji Kurma
Biji kurma bisa dipakai sebagai pakan ternak. Cara mengonsumsinya dengan direndam terlebih dulu. Minyak biji kurma juga bisa dimanfaatkan untuk produk kecantikan dan kosmetik. Salah satu produknya yaitu sabun dari minyak biji kurma.

Apabila diolah lebih lanjut, biji kurma bisa dipakai sebagai sumber asam oksalah. Benih-benih kurma ini juga bisa dibakar untuk membuat arang. Arang dari biji kurma dipkai oleh pengrajin perak untuk mencetak perak menjadi kalung. Lebih lanjutnya, biji kurma bisa menjadi tambahan dalam minuman kopi. Cara pengolahannya hampir sama seperti pengolahan kopi pada umumnya.

6. Buah Kurma
Buah kurma sudah tak asing lagi untuk dikonsumsi, baik dalam bentuk segar ataupun sudah dikeringkan. Kurma sendiri mempunyai banyak kandungan yang baik untuk kesehatan jadi pada bidang medis juga sangat dimanfaatkan.

* Ingin info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik link berikut ini http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s