Teknik Perbanyakan Tanaman Insulin Dengan Cara Stek, Coba & Nikmati Keuntungannya!

Tanaman Insulin
Teknik Penyetekan Tanaman Insulin

Jual Plastik Polybag Harga Terjangkau – Lim Corporation

Tanaman insulin atau sering sekali disebut dengan Yakon atau Kipahit ini bisa diperbanyak dengan metode stek batang, cara melakukannya juga cukup gampang sebab teknik perbanyakan tanaman dengan cara stek adalah cara yang paling gampang, seperti pada tanaman insulin ini, yaitu tinggal memotong batangnya dan ditancapkan pada tanah.

Keuntungan melaksanakan stek tak hanya gampang dilaksanakan juga bisa memperbanyak tanaman dari 1 tanaman induk menjadi lebih banyak tanaman dengan kualitas dan sifat yang sama dengan tanaman induknya. Tanaman ini dipercaya mempunyai manfaat bagi penderita penyakit diabetes atau masalah gula darah. Untuk Anda yang ingin memperbanyak tanaman ini, berikut ini panduan cara stek tanaman insulin.

1. Prinsip Stek dan Media Tanam
Dalam prinsipnya penyetekan dilaksanakan dengan mengambil bagian dari batang, cabang, ranting atau daun suatu tanaman kemudian ditumbuhkan di media yang baru. Begitu juga dalam penyetekan tanaman insulin.

Sebelum melaksanakan penyetekan, persiapkan terlebih dulu media tanam. Media paling sederhana yaitu memakai tanah di pekarangan rumah. Pada dasarnya tanah di sekitar kita termasuk tanah yang subur, jadi tanpa bahan tambahan yang diberikan stek batang bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga: Iniloh! 2 Faktor Penting Yang Sangat Berpengaruh Pada Tumbuh Kembang Tanaman

Pada toko tanaman, media tanam penyetekan umumnya memakai sekam bakar atau sekam mentah dengan campuran sedikit tanah dan kompos. Ini bertujuan supaya mengurangi biaya pengiriman apabila bibit stek dikirim ke tempat yang jauh.

2. Wadah Penyetekan
Proses penyetekan bisa dilaksanakan langsung ditempat pohon yang hendak ditanam, bisa di pot atau langsung di tanah jadi tak butuh melaksanakan pemindahan.

Apabila ingin penyetekan dalam jumlah yang banyak, untuk pembibitan dan mempermudah pemindahan ke media atau tempat penanaman yang lainnya, sebaiknya penyetekan dilaksanakan dengan media tanam polybag.

Tak hanya murah, ringan dan gampang diperoleh, penyetekan dengan polybag dalam jumlah banyak bisa mengurangi biaya produksi. Serta mempermudah pengiriman ketika bibit diperjualbelikan. Apabila stek akan ditanam langsung pada lahan, buatlah jarak tanam sekitar 50cm-100cm.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

3. Langkah Penyetekan
* Supaya dalam penyetekan bisa tumbuh tunas lebih cepat, batang atau cabang yang akan dipakai untuk stek, dipotong bagian atasnya terlebih dulu dan dibiarkan beberapa hari sampai tumbuh calon tunas yang baru di atas ketiak daun.
* Jika sudah muncul tunas, barulah batang yang akan distek dipotong, panjang potongan batang sekitar 15cm.
* Kemudian siapkan media tanam yaitu berupa campuran tanah, arang sekam dan kompos, setelah itu masukkan ke polybag, pot atau lubang tanam di area lahan.
* Tancapkan stek ke media tanam berupa polybag, pot maupun langsung di lahan dan kemudian siram dengan air secukupnya.
* Stek dari batang yang muda atau yang tua sama-sama bisa tumbuh tunas dalam 2 atau 3 hari kemudian. Stekan dari ujung batang yang terlalu kecil dan muda terkadang akan membusuk sebab belum cukup berkayu.
* Dalam stekan batang muda, terkadang pertumbuhan tunas daun tak diikuti dengan pertumbuhan akar jadi pada akhirnya stek mengalami kegagalan, berbeda dengan batang yang sudah cukup tua, disamping tumbuh tunas juga tumbuh akar.
* Bibit tanaman insulin hasil stek dari batang yang sudah tua. Siap dipindah tanam di lahan atau media yang lebih besar.
* Supaya membentuk tajuk yang bagus, bisa dilaksanakan pemangkasan pada ranting-ranting cabang supaya tunas-tunas baru segera muncul dengan jumlah yang banyak jadi tanaman lebih rimbun.

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Varietas Unggul Jagung Manis di Indonesia

Untuk daun yang sudah dipanen bisa dikeringkan dan mempunyai nilai ekonomis. Daun bisa dijual ke pasar atau dititipkan ke penjual jamu sebab banyak yang memerlukan tanaman ini.

* Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s