Ternyata, Ini 3 Jenis Jahe yang Sangat Populer di Indonesia

Jenis2 Jahe

Produsen Plastik Polybag Pembibitan – Lim Corporation

Tanaman rempah yang satu ini sudah sangat populer di masyarakat. Bukan di Indonesia saja, tanaman rimpang ini juga sudah sangat mendunia. Pemakaiannya sangat beragam mulai dari penambah cita rasa masakan samapi membantu mengobati berbagai penyakit dan pilihan jenisnya pun juga beragam. Paling tidak ada 3 varietas jahe yang paling gampang Anda temui di pasaran.

Tanaman dengan nama ilmiah Zingiber officinale ini bisa memberikan rasa pedas dan hangat dalam masakan. Jahe dipercaya asalnya dari India, walaupun beberapa literatur juga menyebutkan asalnya dari Cina bagian selatan. Sejak zaman kolonial, tanaman rimpang ini mulai menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Jenis Sitem Hidroponik Deep Flow Technique

Biasanya jahe bukan hanya dimanfaatkan untuk bumbu tapi juga dipakai sebagai bahan baku pembuatan obat. Tanaman ini mempunyai khasiat bisa meredakan pusing, mengurangi rasa mual, mengurangi rasa sakit karena menstruasi pada wanita, memperkuat imun tubuh, sampai mencegah kanker. Varietas jahe yang umumnya diperjualbelikan antara lain jahe gajah atau jahe badak, jahe kuning, dan jahe merah.

Jahe Gajah/Jahe Badak (z. officinale Sp)

Jahe jenis ini adalah kegemaran pasar internasional. Ciri yang khas jahe gajah yaitu mempunyai ruas rimpang yang gemuk dan menggembung. Rimpang dan bagian dalam jahe gajah berwarna putih. Serat jahe gajah juga lebih kecil dan lembut dibandingkan jahe merah dan jahe kuning.

Sebab hanya mengandung minyak atsiri sekitar 0,18-1,66% dari berat kering, karena itu rasanya pun tak sepedas jahe emprit. Untuk pengolahannya, jahe gajah ini paling cocok dimanfaatkaan untuk bahan utama pembuatan permen atau minuman sebab dagingnya yang tebal. Tetapi banyak juga yang memakainya sebagai rempah dalam masakan.

* Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik link berikut https://www.facebook.com/InfoPertanianPerkebunanku/

Jahe Kuning/Jahe Emprit

Jenis ini banyak dijumpai di pasar-pasar Indonesia. Memiliki bentuk yang lebih ramping dari jahe gajah, jahe kuning miliki rasa yang lebih kuat, namun rasanya pedas. Walaupun begitu, aromanya tak sekuat jahe lainnya jadi jahe kuning lebih disukai sebagai bumbu untuk masakan nusantara. untuk rimpang jahe ini berwarna kuning, seperti namanya. Di Jawa, jahe kuning dikenal dengan nama jahe emprit.

Karena kandungan minyak atsirinya yang tinggi, yaitu sekitar 1,7-8% berat kering. Minyak atsiri juga umum Anda kenal dengan minyak esensial atau aromatik yang sangat gampang menguap. Jahe emprit ini paling sering dipakai sebagai rempah untuk memasak dan juga jamu dalam keadaan kering ataupun segar.

Baca Juga: Bahaya, Ternyata Ini Dampak Pemakaian Pestisida Kimia yang Berlebihan

Jahe Merah (z. officinale Var. Rubrum)

Tanaman jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang paling tinggi, yaitu sekitar 2,58-90%. Tak hanya itu rasa dari varian jahe ini paling kuat di antara jenis jahe yang lain. Umumnya jahe merah dipakai untuk bahan dasar berbagai industri farmasi dan sebagai bahan baku jamu tradisional. Jahe merah ini lebih sering dipakai sebagai bahan utama pembuatan minyak jahe dan obat-obatan oleh para produsen.

Karakteristik jahe merah yaitu ukuran rimpangnya paling kecil bila dibandingkan dengan kedua klon lainnya, berwarna merah sampai jingga muda, aromanya sangat tajam, dan rasanya sangat pedas. Serat jahe merah juga lebih kasar dan lebih besar dibandingkan jahe lainnya.

* Info lengkap mengenai harga Polybag silakan klik http://bit.ly/hargapolybag

Bila Anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag atau Plastik Pertanian & Perkebunan untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s