Budidaya Tanaman Tomat Dengan Polybag

 

tomattt

Jual Polybag Harga Murah – Lim Corporation

Tomat dikategorikan sebagai sayuran, meskipun memiliki struktur buah. Tanaman ini dapat tumbuh baik didataran rendah maupun tinggi mulai dari 0 sampai 1500 meter dpl, tergantung dari varietasnya. Tanaman tomat mencapai tanah yang subur dan gembur, dengan pH sekitar 5,5-7.

Baca juga artikel ini:

Di alam bebas pohon tomat berbentuk seperti perdu, ketinggiannya dapat mencapai tinggi 3 meter. Namun setelah dibudidaya tinggi tanaman ini tak lebih dari 2 meter dan dapat ditopang oleh ajir atau tali untuk menahan supaya tidak roboh. Tanaman tomat dapat tumbuh baik di berbagai media seperti lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan media pot atau polybag. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang cara menanam tomat dalam polybag.

Pemilihan jenis tanaman
Secara umum, banyak orang membedakan tomat dari bentuk buahnya. Terdapat empat golongan tomat yang banyak beredar di pasaran yakni, (1) Tomat buah atau tomat granola, bentuknya bulat dengan pangkal mendatar (2) Tomat gondol, bentuknya lonjong biasa dipakai sebagai bahan baku saus, (3) Tomat sayur, teskturnya sangat keras dan rasanya sedikit kecut, (4) Tomat cherry, berbentuk kecil dan rasanya manis kecut.

Cara menanam tomat dalam polybag tidaklah sulit. Cara pertama pilihlah jenis tomat dan varietas yang akan ditanam. Sesuaikan dengan lokasi tempat budidaya dengan varietas tomat yang sudah dipilih, terutama untuk kondisi iklim dan ketinggian tempat. Untuk hasil yang lebih baik, pakailah benih unggul dari sumber yang terpercaya. Benih tomat dari berbagai varietas dapat diperoleh di toko pertanian. Keterangan yang mengenai sifat-sifat tanaman dapat dibaca pada label yang tertera dalam kemasan benih.

Cara menanam tomat dalam polybag

Penyemaian benih tomat
Cara menanam tomat dalam polybag sebaiknya melalui tahap persemaian terlebih dulu. Benih yang berupa biji harus disemaikan agar menjadi bibit tanaman. Langkah ini diperlukan karena benih yang baru tumbuh perlu perlakuan yang berbeda dengan tanaman yang telah tumbuh besar. Siapkan tempat dan media persemaian terlebih dulu. Memilihlah tempat persemaian yang terlindung dari hujan dan sinar matahari secara langsung. Media persemaian banyak bermacam-macam, silahkan baca cara membuat media persemaian untuk hortikuktura.

iklan fp (6) (1)

Bentuk persemaian dapat berupa bedengan, rak semai, atau polybag semai. Untuk persemaian dengan bedengan, buatlah larikan diatas bedengan dengan kedalaman 1 cm dan jarak antar larik 5 cm. Selanjutnya tanamlah benih tomat pada tiap larik dengan jarak 3 cm, tutuplah permukaannya dan siram secukupnya.

Untuk persemaian yang menggunakan ploybag, isilah polybag dengan media persemaian. Apabila tidak ada polybag dapat menggunakan daun pisang. Setelah itu benamkan benih tomat sedalam 1 cm kedalam media tersebut. Selanjutnya tutuplah permukaannya dan siram secukupnya. Setiap polybag cukup diisi satu benih.

Setelah itu benih disemaikan, lakukanlah penyiraman setiap 2 kali sehari dengan gembor yang halus. Berhati-hatilah jika menyiram, jangan sampai merusak permukaan persemaian. Pupuk tambahan dapat diberikan setelah dua minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos atau NPK. Perawatan lain yang harus digunakan adalah penyiangan. Jangan sampai tumbuh gulma dalam area persemaian. Bibit tanaman tomat siap dipindah dari tempat persemaian ke dalam polybag setelah 30 hari atau sudah mempunyai setidaknya 5 helai daun.

Pemindahan bibit tomat
Sebelum bibit dipindah, siapkanlah media tanam dan polybag. Isilah polybag tersebut dengan tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Untuk lebih jelasnya lihat cara membuat media tanam menggunkan polybag.

Ada dua cara menanam tomat dari tempat persemaian ke dalam polybag. Pertama, memindahkan bibit dengan dicabut. Dengan cara siram persemaian dengan air supaya media tanam menjadi lunak. Selanjutnya cabutlah tanaman dengan hati-hati jangan sampai akar tanaman putus atau rusak. Selanjutnya masukkan tanaman tersebut secara tegak lurus pada lubang tanam yang terdapat dalam polybag. Posisi akar hanya tegak lurus jangan sampai bengkok atau terlipat. Aturlah kedalaman lubang tanaman sesuai dengan panjang akar. Kedua, memindahkan bibit dengan diputar. Dengan cara tanaman tomat diangkat dengan media yang ada disekitarnya. Untuk bibit dari bedengan, cungkil tanaman sedalam 10 cm dengan sekop atau tangan. Selanjutnya angkat dan pindahkan tanaman berikut dengan tanahnya. Untuk bibit dalam polybag semai, sobeklah atau tarik plastik polybag semai selanjutnya dipindahkan beserta tanahnya kedalam polybag yang lebih besar. Polybag semai dari plastik dapat digunakan berulang-ulang.

Pemeliharaan dan perawatan
Pemeliharaan tanaman tomat dalam polybag atau pot sangat mudah. Kesehatan tanaman lebih banyak dikontrol agar terhindar dari penularan penyakit lewat akar. Rawatlah supaya media tanam tidak terlalu kering. Siramlah setidaknya 2 kali sehari, tetapi jangan terlalu basah untuk menghindari busuk akar. Siangi gulma yang terdapat dalam polybag dengan teratur. Apabila ada tanaman yang layu atau mati, cabutlah segera dan buanglah media tanamnya supaya tidak menulari tanaman lain. Perawatan lain yang dibutuhkan adalah pemangkasan tunas dan pemberian ajir untuk penopang tanaman. Pupuk tanaman setelah satu minggu dengan kompos sebanyak satu genggam untuk setiap polybag. Gunakan penambahan pupuk kompos setiap bulan, apabila terlihat tanaman kurang subur. Apabila tanaman akan berbuah dapat ditambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.

 

banner polybag 18

Hama dan peyakit tanaman tomat sangat banyak. Apabila terlihat ada serangan hama, ambil hama tersebut secara manual. Buanglah daun atau batang yang rusak terkena hama. Penyemprotan hanya dilakukan bila sangat diperlukan. Supaya lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan pakailah pestisida organik yang lebih alami. Silahkan baca cara membuat pestisida organik.

Pemanenan
Tanaman tomat dalam polybag dapat dipanen setelah 3 bulan, tergantung dari varietasnya. Kriteria buah tomat yang siap dipanen yaitu yang berubah warna dari hijau ke kuning-kuningan atau tepi daun terlihat kering dan batang menguning. Pemetikan dilakukan pada buah yang telah matang saja.

Buah tomat tidak matang secara serentak. Lakukan pemetikan setiap 2 sampai 3 hari sekali, jangan terlalu rapat untuk menghindari kerusakan tanaman. Waktu pemetikan yang paling baik pagi dan sore hari, ketika sinar matahari tidak terlalu terik. Bila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Polybag untuk budidaya tanaman atau untuk pembibitan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN :
– Barang TIDAK READY STOCK, kami hanya melayani pemesanan, ukuran tergantung permintaan
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s