Cara Mudah Membudidayakan Kedelai Dalam Polybag

kedelai

Jual Plastik Polybag Harga Pabrik – Lim Corporation

Kedelai atau kacang kedelai merupakan salah satu tanaman jenis polong – polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari benua Asia Timur contohnya kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi tanaman kedelai ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di benua Asia Timur. Kedelai merupakan salah satu sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia.

Baca Juga:

Penghasil kedelai utama dunia adalah negara Amerika Serikat dan baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah tahun 1910. Banyak sekali hasil olahan dari kedelai ini seperti tempe, tahu, dan sari kedelai yang hampir setiap hari kita konsumsi. Oleh sebab itu banyak sekali petani Indonesia yang membudidayakan tanaman kedelai ini, bila anda tertarik dengan proses pembudidayaan kedelai anda bisa mencobanya diperkarangan anda dengan media polybag.

Tahapan menanam kedelai dalam polybag :

Syarat tumbuh kedelai

Di negara Indonesia, tanaman kedelai bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 1.200 m dpl. Suhu optimal bagi pertumbuhan tanaman kedelai yaitu sekitar 25°C hingga 30°C, curah hujan berkisar antara 150 mm – 200 mm/bulan dengan lama penyinaran matahari 12 jam/hari, dan kelembapan rata – ratanya (RH) 65 persen. pH pada proses pertumbuhan kedelai dan bakteri Rhizobium adalah 6,0—6,8.

Polybag2

Pemilihan benih bibit kacang kedelai

Kualitas dari benih sangat menentukan kualitas kedelai pula. Oleh sebab itu, supaya bisa memberikan hasil yang memuaskan, harus dipilih varietas kedelai yang sesuai dengan kebutuhan, mampu beradaptasi dengan kondisi media tanam, mempunyai daya tumbuh yang cepat dan seragam, serta memenuhi standar mutu benih yang baik.

Persiapan tempat tanam dan media tanam kacang kedelai

Tempat tanam yang perlu disiapkan bisa berupa polibag, dengan ukuran minimal sekitar 30 cm. Kemudian siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang atau pupuk kompos, sekam padi dan arang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Semua bahan tersebut diayak supaya didapatkan media tanam yang halus, lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Selain itu, tambahkan juga pupuk urea sekitar 3 sendok atau pot tanam. Bila sudah, selanjutnya masukkan media tanam ke pot atau polibag tanam. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya dan kemudian diamkan.

freegifmaker.me_2dTkR

Cara menanam kacang kedelai dalam polybag

Bila semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam, namun jangan terlalu dalam supaya tidak menghambat pertumbuhan kecambah, setelah itu masukkan sekitar 4 biji kedelai dalam polybag.

Cara merawat kedelai dalam polybag

Setelah itu lakukan penyiraman setiap 10 hari sekali untuk suhu normal dan bisa ditingkatkan apabila suhu tinggi supaya tetap terjaga kesegarannya. Jangan sampai tergenang sebab bisa menyebabkan pembusukan tanaman. Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk urea, TSP, dan KCl dengan perbandingan 1 : 2 : 1 atau sesuai kebutuhan tanaman. Pemupukan ini dikerjakan selama tiga periode, yaitu pemupukan dasar, setelah 25 hari tanam, dan saat tanaman kedelai berumur 40 – 45 hari setelah masa tanam.

Banner Polybag 18

* Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP ).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s