Cara Budidaya Daun Bawang Di Perkarangan Rumah | Polybag

manfaat-daun-bawang

Jual Plastik Polybag Best Quality – Lim Corporation

Daun bawang adalah jenis sayuran dari kelompok bawang yang digunakan dalam bahan masakan. Dalam seni memasak Indonesia, daun bawang dapat ditemukan misalnya dalam martabak telur, bagai bagian dari sop, atau untuk bumbu tabur seperti pada soto. Daun bawang merupakan istilah umum yang bisa terdiri dari spesies yang berbeda – beda. Jenis yang umumnya dijumpai adalah bawang daun Allium fistulosum.

Jenis lainnya yaitu A. Ascalonicum yang masih sejenis dengan bawang merah. Kadang juga bawang prei juga disebut sebagai daun bawang. Karena banyak diminati oleh ibu – ibu saat memasak didapur sebagai bahan makanan, oleh sebab itu banyak petani yang membudidayakannya. Bila anda berminat untuk membudidayakan bawang daun dirumah sendiri, anda bisa membaca ulasan dibawah ini mengenai membudidaya bawang daun dalam plastik polybag.

Baca Juga:

Cara membudidayakan bawang daun dalam polybag :

Menyiapkan benih bawang daun
Perbanyakan bawang daun dapat dilakukan secara generatif ataupun vegetatif. Perbanyakan generatif merupakan perbanyakan tanaman melalui biji atau benih. Sedangkan perbanyakan secara vegetatif merupakan perbanyakan dengan tunas atau anakan dari rumpun tanaman bawang daun. Untuk skala rumahan atau skala hobi untuk memiliki benih atau biji bawang daun tidak lah sulit, sekarang banyak penjual benih online atau membeli bawang daun dipasar – pasar.

Polybag2

Cara menyiapkan media tanam daun bawang
Beberapa hari sebelum benih daun bawang siap untuk dipindah dan ditanam, siapkan dulu media polybagnya. Sebaiknya wadah yang dipakai untuk menanam bawang daun mempunyai diameter minimal 15 cm supaya wadah cukup untuk menampung media tanam. Media tanam yang baik untuk menanam bawang daun adalah tanah yang subur, gembur dan mengandung banyak unsur hara. Akan lebih baik lagi bila media tanam diukur dulu pH-nya, pH ideal untuk bawang daun yaitu 6,5 – 7,0. Bila pH media tanam kurang dari 6,0, tambahkan kapur pertanian secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Cara menanam bibit bawang daun dalam polybag
Bila bibit dan media tanam sudah disiapkan, sekarang waktunya untuk menanam bawang daun. Ambilah bibit bawang daun dari persemaian beserta akarnya. Lakukan dengan berhati – hati, jangan sampai akar bibit daun bawamg rusak atau putus. Bibit yang disemai tanpa polybag jangan dicabut, namun anda bisa mencongkelnya beserta tanah dan akarnya. Bila bibit disemai memakai polybag, buka polybag secara hati – hati. Buatlah lubang tanam pada media sesuai dengan ukuran bibit. Masukkan bibit kemudian tekan – tekan sedikit tanah disekitar bibit supaya padat dan kokoh. Penanaman baiknya dikerjakan pada saat sore hari setelah proses pemindahan tanaman siramlah bibit secukupnya.

freegifmaker.me_2dTkR

Cara pemupukan tanaman bawang daun dalam polybag
Pemupukan tanaman bawang daun didalam polybag perlu dikerjakan. Mengingat media tanam yang sangat terbatas, unsur hara yang lebih cepat habis terserap oleh tanaman. Untuk memenuhi kebutuhan unsur hara anda perlu memberikan pupuk susulan. Pupuk yang digunakan dapat pupuk organik atau pupuk anorganik. Pupuk organik yang dipakai adalah pupuk kompos atau pupuk kandang, sedangkan pupuk anorganik untuk bawang daun adalah pupuk ZA atau Urea.

Masa panen dan cara panen bawang daun
Yang terakhir tentu saja proses pemanenan bawang daun. Bawang daun dapat dipanen setelah berusia 75 hari setelah dipindah tanam. Bawang daun yang sudah siap dipanen ditandai dengan jumlah rumpunnya yang mulai banyak, daunnya berwarna hijau tua, daunnya sedikit agak keras dan daun paling bawah sudah mulai menguning. Untuk skala hobi, bawang daun dapat dipanen beberapa kali. Pilihlah bawang daun yang paling tua untuk dipanen lebih dahulu dengan cara memotong bagian pangkal batang. Biarkan anakan yang masih kecil supaya terus tumbuh dan dapat dipanen dikemudian hari.

Banner Polybag 18

* Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja ( Minggu dan hari besar TUTUP ).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s