Tips Sukses Budidaya Bawang Putih Dalam Polybag

Bawang-Putih

Jual Plastik Polybag Best Quality – Lim Corporation

Bawang putih merupakan nama tanaman dari genus Allium dan sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Bawang putih ini memiliki sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di daerah Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, dan bumbu – umum di Asia, Afrika, dan Eropa.

Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Membudidayakan tanaman bawang putih di polybag sekarang sudah banyak sekali dilakukanoleh para petani bawang. Alasan untuk membudidayakan tanaman ini karena mampu menghasilkan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Oleh karena itu banyak petani yang sekarang mulai budidaya bawang putih.

Baca Juga:

Tidak hanya itu, masyarakat kota pun sekarang banyak sekali yang membudidayakan bawang putih. Bila anda kurang adanya lahan pertanian anda bisa menggunakan plastik polybag untuk media tanamnya ,kemudian disusun pada rak tanaman.

Bila anda ingin berbudidaya tanaman bawang putih dengan media polybag anda bisa membaca ulasan dibawah ini mengenai cara membudidayakan bawang putih dengan media polybag.

P1040572

Cara membudidayakan bawang putih dengan media polybag :

Memilih bibit bawang putih unggul
Bibit yang unggul memiliki ciri – cirinya seperti bibit tersebut sehat dan terhindar dari hama dan penyakit. Bentuk fisik dari bibit atau siung harus memiliki bentuk yang normal dan tidak boleh rusak. Bibit bawang putih juga harus sama dan seragam.

Pengelolaan lahan bawang putih
– Langka pertama siapkan plastik polybag
– Kemudian mengisihnya dengan tanah
– Jangan lupa untuk menaburkan pupuk kandang sekitar 90kg pupuk kandang untuk lahan 100m2.
– Lalu ratakan pupuk kandang dengan tanah.

Penanaman bibit bawang putih
– Potonglah bagian pucuk bibit bawang putih.
– Kemudian bibit dikeringkan dulu sampai benar – benar kering, lalu bibit baru dapat ditanam, pastikan siung dalam posisi tegak ketika andamenanam.
– Setelah itu tutup kembali menggunakan tanah.

Penyiraman bawang putih
Penyiraman yang baik dapat dilakukan setiap 2 hari 1 kali. Yaitu saat pada pagi hari dan sore hari. Bila tanaman bawang putih sudah tumbuh, baiknya dilakukan penyiraman 4 hari 1 kali. Umbi yang sudah membentuk penyiraman dapat dikerjakan selama 1 minggu 1 kali. Saat umbi sudah mulai membesar, maka penyiraman dapat dilakukan selama 2 minggu 1 kali. Apabila umbi bawang putih sudah tua sebaiknya penyiraman dapat dihentikan.

Pemupukan bawang putih
Saat pemberian pupuk tanaman bawang putih dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pemupukan dasar dan pemupukan anorganik. Proses ini dapat dilakukan sebelum tanaman bawang putih ditanam pada lahan tanam. Sedangkan pemupukan anorganik dapat dilakukan ketika hari ke-16 sesudah tanam, hari ke-32 sesudah tanam, dan hari ke-42 sesudah tanam.

Tahap pemanenan bawang putih
Untuk tanaman bawang putih yang siap panen yaitu berumur 120 hari sesudah tanam. Bawang putih yang dapat dipanen memiliki ciri – ciri seperti beberapa tanaman bawang putih yaitu daunnya menguning dan kering, dan tangkai batangnya sudah mengeras.

Cara memanennya yaitu dengan cara mencabut seluruh bagian tanaman bawang putih. Setelah tercabut, buanglah bagian daun dan akar. Pada daerah pangkal daun bawang putih tetap ditinggalkan. Lalu keringkan tanaman bawang putih yang sudah anda panen dilahan yang terbuka selama 2 minggu. Apabila bawang putih sudah dijemur kering baiknya bawang putih disimpan dalam gudang dan ditaruh diatas para – para dari bambu.

Sebelum bawang putih anda jual, baiknya pilihlah bawang putih yang baik dan berkualitas. Dengan cara begitu nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak sebab bawang putih yang Anda jual berkualitas. Sebelum dipanen pastikan dulu tanaman bawang putih sudah cukup umur dan hasil bawang putih berkualitas baik serta cocok untuk dikonsumsi.

Banner Polybag 18
Jual Plastik Polybag Best Quality

* Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk membudidayakan tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP).

Customer service :
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

Catatan :
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s