Trik Sederhana Budidaya Buah Rambutan, Agar Berbuah Lebat

pri_1451452512

Rambutan atau nama ilmiah dari tanaman ini yaitu Nephelium Lappaceum yang termasuk salah satu jenis tanaman tropis yang tergolong dalam suku Sapindaceae atau lerak-lerakan yang asalnya dari daerah kepulauan di Asia Tenggara.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Rambutan

Kerajaan              : Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo                     : Sapindales
Famili                   : Sapindaceae
Genus                   : Nephelium
Spesies                 : N. lappaceum

Tanaman ini menyukai suhu tropis yang hangat yaitu sekitar 25°C, pohon ini bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 8m dengan tajuk melebar sampai jari-jari 4m. Daun rambutan berbentuk majemuk menyirip dengan anak daun sekitar 5-9 helai, buah rambutan terbungkus oleh kulit yang mempunyai rambut di bagian luar. Buahnya mempunyai warna hijau ketika masih muda dan ketika ranum warna buahnya berangsur-angsur berubah menjadi kuning sampai dengan merah.

Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Ketika sudah berbuah pohon rambutan akan merona kemudian akan menghasilkan cabang serta daun yang baru kembali. Proses ini terlihat sangat jelas dengan warna pohon yang hijau muda. Proses tersebut akan berhenti apabila ketersediaan air sangat terbatas dan akan beristirahat untuk tumbuh.

Ada berbagai macam jenis rambutan yaitu seperti Rapiah, Bahrang, Lebak bulus, Sibatuk Ganal, Nona, Binjai, Antalagi, Sibongkok, Garuda, Tangkue Lebak, Narmada, Aceh, Simacan, Sinyonya dan masih banyak lagi.

Tumbuhan ini juga mempunyai banyak manfaat, yaitu bisa mendongkrak energi dalam tubuh, menjaga tubuh dari berbagai pengaruh radikal bebas, bisa membantu untuk menurunkan berat badan, sebagai penangkal Anemia, mencegah dari penyakit kanker, menguatkan sistem kekebalan imun pada tubuh, membantu menyehatkan fungsi ginjal.

Apabila Anda tak mempunyai lahan yang luas untuk melaksanakan budidaya atau menanam rambutan anda bisa menanam rambutan di pot atau polybag. Berikut cara menanam atau budidaya rambutan dalam pot atau polybag :

Terdapat Beberapa Cara Menanam Rambutan Dalam Pot/Polybag, Yaitu :

Persiapan Bibit Rambutan

Tanaman rambutan bisa di budidayakan dengan beberapa macam cara yaitu seperti melalui biji, cangkok, okulasi serta penyusuan. Tanaman ini akan berbuah sekitar 8 tahun sesudah tanam ketika dibudidayakan dengan biji berbeda lagi dibudidayakan dengan cara vegetatif seperti cangkok ataupun okulasi, tanaman akan berbuah sekitar 4 tahun sesudah penanaman.

Baca Juga :

Persiapan Pot dan Media Tanam

Pot untuk tabulampot rambutan disarankan pot yang terbuat dari tanah liat dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran bibit rambutan yang akan ditanam. Selain pot tanah, Anda bisa menanam tabulampot rambutan ini dengan memakai drum yang sudah dilubangi bagian bawahnya kemudian diberi ganjalan berupa batu bata atau batako supaya pembuangan airnya lancar.

Media tanam yang bisa dipakai untuk tabulampot rambutan yaitu campuran tanah yang gembur, pasir dan pupuk kandang. Atau bisa juga berupa campuran campuran pupuk kandang, pasir dan sekam. Selain itu bisa juga campuran tanah dengan pupuk kandang atau campuran sekam dan pasir.

Penanaman Rambutan Dalam Pot

Proses yang pertama yaitu masukkan pecahan batu bata pada bagian dasar drum sampai 1/4 bagian kemudian bagian atas diberikan selapis ijuk, humus, ataupun dedaunan kering.

Selanjutnya masukkan media tanam sampai 2cm di bawah bibit drum kemudian siram sampai cukup basah.

Proses selanjutnya buatlah lubang tanam pada media tanam dalam drum yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran dari bibit, kemudian berikan pupuk NPK sebanyak 100gr. Kemudian buka polybag bibit dengan hati-hati supaya tak merusak akar, kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam secara perlahan juga supaya tak rusak, kemudian tutuplah kembali lubang tanam dengan media tanam pada sekitar tanaman dan padatkan.

Diamkan sampai media tanam cukup basah. Kemudian tanaman rambutan ditutupi dengan kantong plastik transparan dan letakkan pada tempat yang cukup teduh. Dan bila bibit sudah tumbuh tunas yang baru barulah tutup bisa dilepaskan lagi.

Perawatan Rambutan

Laksanakan pemupukan secara teratur sampai tanaman berumur 2 tahun. Pemupukan tersebut dilaksanakan dengan memakai pupuk organik dan juga pupuk NPK sebanyak 25gr/drum. Sesudah berumur 3 tahun dan seterusnya, berikan pupuk NPK sebanyak 100gr/drum dengan cara pemberian pupuk yaitu dengan membenamkannya sedalam 10cm kemudian siram sampai cukup basah.

Untuk membentuk kanopi tanaman supaya pendek maka perlu dilaksanakan pemangkasan. Pemangkasan ini dikerjakan saat tanaman berumur kurang dari 1 tahun.

Selain itu perawatan yang perlu dilaksanakan yaitu penyiraman dan juga penggemburan media tanam.

Masa Panen Buah Rambutan

Rambutan yang sudah siap untuk dipanen akan berwarna merah dan ada juga yang berwarna kuning yaitu jenis rambutan aceh kuning. Buah rambutan umumnya dipanen ketika buah sudah matang di pohon karena apabila di petik sebelum matang maka tak akan matang lagi sesudah pemetikan.

Jika Anda Membutuhkan atau Ingin Menggunakan Polybag untuk membudidayakan tanaman di lahan yang kecil atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga yang murah dan bahannya lebih awet Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

CATATAN :
– Harga netto (belum ternasuk PPN)
– Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
– Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s