4 Cara Jitu Budidaya Bunga Lavender Dengan Polybag

Cara-Menanam-Bunga-Lavender

Apakah Anda menyukai tanaman hias seperti lavender contohya? Anda ingin membudidayakannya tapi tak mempunyai lahan yang cukup luas untuk itu? Solusi untuk itu, Anda bisa membudidayakannya dengan memakai pot atau polybag. Teknik menanam bunga lavender cukup gampang, namun Anda perlu mengerjakannya dengan ulet.

Tentunya akan sangat menggembirakan jika menghasilkan bunga lavender dengan usahanya sendiri, yaitu dengan membudidaya bunga lavender secara mandiri di rumah. Berikut ini tahapan yang bisa Anda kerjakan saat membudidayakan bunga lavender di pot atau polybag.

Pemilihan bibit bunga lavender

Tahap awal yang perlu Anda kerjakan saat membudidaya bunga lavender yaitu memilih bibit bunga lavender yang kualitasnya baik. Bunga lavender mempunyai jenis yang sangat banyak dan tersebar di berbagai negara. Jenis bunga lavender yang sudah ada dapat dipastikan berjumlah 25—30 jenis bunga. Untuk itu, Anda harus memilih jenis bunga lavender sesuai dengan keinginan Anda tentunya.

Anda perlu mencari info dahulu mengenai kelemahan dan kelebihan dari jenis bibit bunga tersebut. Anda harus mengetahui jenis bunga lavender seperti apa yang cocok tumbuh di daerah lingkungan Anda.

Bagaimana cara untuk menentukan bibit tersebut berkualitas atau tidak?

Pertama, Anda harus membeli bibit tersebut di toko khusus untuk menjual bibit saja. Selain itu, Anda juga perlu melakukan seleksi pada bibit lavender yang ada. Pilihlah bibit yang secara kasat mata terlihat bersih dan terbebas dari serangga parasit seperti kutu, semut, dan lain-lain.

Jangan lupa untuk perhatikan tanggal kadaluarsa dari bibit tersebut. Perlu Anda tahu bahwa bibit juga mempunyai masa aktif yang terbatas sehingga penting untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Persiapan media tanam bunga lavender

Pemilihan media untuk membudidaya bibit bunga lavender merupakan hal penting dan juga menentukan tumbuhnya bibit yang telah Anda tanam. Kesalahan media tanam akan mengakibatkan bibit tak berkecambah.

Anda harus persiapkan bahan seperti pot ataupun polybag yang sudah diberi lubang di bagian bawahnya serta styrofoam dengan ketebalan sekitar 5 cm dan diameter sesuaikan dengan pot atau polybag. Selain itu, Anda juga harus persiapkan tanah gembur, pupuk kompos jika tak ada bisa diganti dengan sekam padi, pasir, batu kerikil putih, dan sekoop kecil.

Baca Juga :

Menguntungkan, 4 Trik Budidaya Buah Kiwi
Plastik UV Untuk Budidaya Ikan, Lebih Untung Dan Menjanjikan!!
Budidaya Cabai Sangat Menguntungkan Dengan Mulsa Plastik

banner-polybag

Penyemaian bibit bunga lavender

Tahapan penumbuhan bibit bunga menjadi kecambah yaitu tahapan yang sangat penting. Beri styrofoam ke pot atau polybag bertujuan untuk lapisan terbawah. Campurkan tanah, pupuk kompos atau sekam padi, dan pasir dengan perbandingan yang sama. Masukkan campuran tersebut ke pot atau polybag. Buatlah lubang di bagian tengahnya dengan sekoop kecil.

Letakkan bibit bunga lavender, setiap pot atau polybag isi dengan 1 bibit saja. Tutuplah dengan tanah. Padatkan tanah. Siramkan air secukupnya. Letakkan di tempat yang dapat terkena sinar matahari yang cukup. Pantau pertumbuhan kecambah pada bibit bunga lavender.

Pemindahan bibit bunga lavender

Pemindahan media tanam dapat dikerjakan apabila bibit sudah berkecambah. Berdasarkan perhitungan hari, biasanya bibit sudah siap dipindahkan pada saat usia sekitar 1 bulan dengan tinggi tanaman sekitar 15 cm. Buatlah jarak tanam bunga lavender sekitar 30—45 cm.

Sediakan tempat terbuka yag dapat terkena sinar matahari secara langsung sebagai calon lahan bunga lavender. Pastikan tanah mempunyai sirkulasi udara yang baik. Siramlah bibit bunga yang tumbuh tersebut, tepat saat 1 jam sebelum tanaman dipindah. Setelah 1 jam dibiarkan, sobek polybag atau pecahkan pot dengan perlahan.

Pastikan media tanam masih menempel dengan akar dan tanah tak pecah. Pindahkan ke lahan permanen yang sudah disiapkan. Padatkan dengan tanah. Pastikan posisi tanaman berdiri dengan tegak. Tahap terakhir, siramkan air secukupnya.

Jika anda membutuhkan Polybag untuk bercocok tanam dengan harga yang lebih murah, silahkan hubungi kami melalui sms/call pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s