5 Cara Jitu Budidaya Buah Naga Dengan Polybag

b567

Buah naga saat ini masuk kedalam jenis buah yang sangat disukai oleh mesyarakat Indonesia, karena buah ini mempunyai rasa asam manis yang lezat. Tidak hanya itu, buah naga ini pun juga memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang sangat baik bagi tubuh Anda. Buah naga termasuk jenis tanaman yang tergolong ke dalam keluarga kaktus. Buah naga ini juga identik dengan buah dari Asia, padahal fakta aslinya buah naga ini berasal dari negara Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan juga Meksiko.

Membudidayakan buah naga sendiri dirasa amat cocok untuk Anda kerjakan di daerah yang beriklim tropis contohnya di Indonesia.

Adapun Cara Membudidayakan Buah Naga, Antara Lain :

1. Pemilihan Bibit

Ada 2 cara menanam buah naga didalam polybag yaitu bisa memakai bijinya secara generatif serta memakai polybagongan batangnya secara vegetatif. Cara penanaman buah naga didalam polybag memakai bijinya jarang dikerjakan sebab memakan waktu produksi yang sedikit lebih lama. Cara penanaman buah naga didalam polybag memakai polybagongan batangnya dikerjakan dengan cara memangkas batang pohon induk yang keadaannya sehat, tua serta telah berbuah sebanyak 3-4 kali. Batang tersebut warnanya hijau gelap kelabu dengan tingkat ukuran ideal sepanjang 20 – 30 cm. polybagongan dari batang tumbuhan induk itu lalu didiamkan hingga getahnya mengering supaya tidak mudah busuk.

2. Persiapan Media Tanam

Untuk melakukan budidaya buah naga di polybag, Anda bisa memakai polybag apa saja dengan diameter sekitar 40-50 cm, tetapi lebih baik jika polybag ukurannya pas. Polybag dipilih karena sudah terdapat beberapa lubang untuk tempat keluarnya air yang berlebih dari atas tanaman, hal itu juga memudahkan Anda untuk memantau tanah dalam polybag. Guna media tanamnya, Anda bisa memakai campuran tanah, bubuk bata merah, pasir, kompos serta juga pupuk kandang.

3. Penanaman Bibit

Masukkan campuran pada media tanam sampai 80 persen dari volume polybag. Buat 3 lubang tanam dengan ukuran diameter sekitar 6 cm serta kedalaman sekitar 10 cm. Isikan setiap lubang tanam dengan beberapa potongan batang yang telah disiapkan. Kemudian padatkan media tanam tersebut pada setiap pangkal bibit buah naga. Sirami secukupnya, jangan sampai menggenangi pangkal dari batang. Pakailah tiang panjat guna mengikat bibit maka bibit buah naga tak akan gampang roboh. Taruh polybag buah naga di tempat yang terkena sinar matahari terutama ketika di pagi hari.

polybag 2

4. Perawatan Tanaman

Proses penyulaman yakni penggantian tanaman buah naga yang mati ataupun busuk pangkal batang. Penyulaman tanaman buah naga ini lebih baik dilakukan seminggu setelah menanam bibit buah naga didalam polybag.

Siram tanaman buah naga dengan teratur dengan secukupnya setelah hari ke-10 setelah masa penanaman atau sesuai keadaan lahan. Penyiraman bisa Anda lakukan seminggu sekali hingga usia 6 bulan atau jika keadaan tanah kering ataupun ketika musim kemarau maka penyiraman bisa dikerjakan 5 – 7 hari sekali. Ketika tanaman buah naga telah mulai berbunga, lakukan penyiraman setiap 10 – 14 hari sekali. Penyiraman lebih baik dilakukan waktu pagi. Penyiraman tidak dilakukan lagi jika buah telah membesar seukuran kepalan tangan, meskipun masih hijau sedikit kemerahan di bagian kulitnya.

Baca Juga :

Paranet Untuk Lapangan Futsal, Lebih Awet & Murah!
8 Jenis Tumbuhan Terunik & Langka Di Dunia
Woww!! Budidaya Lidah Buaya Dengan Mulsa Plastik, Hasil Lebih Bagus Dan Menguntungkan

Pemangkasan tanaman buah naga ini diperlukan untuk membentuk cabang baru serta cabang yang produktif, umumnya dilakukan sejak tanaman sudah berusia 2-3 bulan. Kerjakan pemangkasan pada ujung batang hingga menyisakan 40-60 cm dari media tanam. Kelebihan tinggi tumbuhan lebih dari 140-170 cm perlu dipangkas. Umumnya dari batang pokok akan tumbuh sebanyak 3-4 tunas cabang baru, pilih salah satu tunas yang perkembangannya paling baik serta cepat, serta juga buang tunas lainnya.

5. Pemanenan Buah

Tumbuhan buah naga didalam polybag umumnya bakal mulai berbunga pada usia kurang lebih 6 bulan. Diperlukan juga waktu selama 50-55 hari untuk memperoleh buah yang siap petik dari bagian kuncup bunga. Petiklah buah yang ditandai dengan warna merah di seluruh bagian kulit buah. Rekahan akan timbul pada buah yang sudah terlambat dipetik yang bisa menyebabkan buah cepat rusak. Proses panen dilakukan dengan cara memotong bagian tangkainya dengan memakai gunting ataupun pisau tanpa harus merusak kulit dari buah. Ukuran dari buah yang Anda panen dari buah naga di polybag akan bergantung dari beberapa hal, yaitu meliputi jenis tumbuhan buah naga, pengaturan media tanam yang baik, penyiraman air secukupnya, pemupukan, pemangkasan, dan juga yang lainnya.

Jika anda membutuhkan Polybag untuk bercocok tanam dengan harga yang lebih murah, silahkan hubungi kami melalui sms/call pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s