Mengenal Mentega Kokoa Dengan Beragam Manfaatnya!!

Apa itu Cocoa Butter?
Kakao mentega adalah sejenis lemak nabati yang diekstraksi dari biji kakao. Mungkin ini adalah sesuatu yang pernah Anda dengar di berbagai aplikasi, termasuk kosmetik, cokelat, salep, dan beberapa obat-obatan, namun Anda mungkin tidak sadar akan hal itu sebenarnya.

Karena aroma biji kakao yang kuat, kakao mentega memiliki rasa dan aroma yang sangat mirip. Ini bisa dimakan, tapi sangat tinggi kalori, jadi meski mendapat manfaat kesehatan, ketahuilah bahwa hal itu dapat menyebabkan obesitas jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Nama lain untuk mentega kakao adalah minyak theobroma, jadi di beberapa belahan dunia, bisa disebut seperti itu.

Salah satu kualitas paling penting dari mentega kakao adalah stabilitasnya yang tinggi dibandingkan dengan lemak lainnya. Aspek unik ini memberikan antioksidan yang ditemukan dalam mentega kakao, sehingga mengurangi kemungkinan minyak menjadi tengik. Anda bisa menemukannya dalam berbagai bentuk, tapi masih banyak dikonsumsi dalam coklat. Stabilitasnya pada suhu kamar namun titik lelehnya relatif rendah juga menjadikannya minyak dasar yang ideal untuk supositoria dan krim obat lainnya. Mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat kesehatan dari mentega kakao.

Manfaat Kesehatan Kakao
Mentega kakao membantu mengatasi banyak masalah kesehatan. Beberapa manfaat indah meliputi:

Cocoa butterAnti-Aging: Salah satu alasan mengapa mentega kakao sangat berharga adalah konsentrasi senyawa antioksidannya yang tinggi, termasuk asam oleat, asam palmitat, dan asam stearat. Meskipun secara teknis asam lemak ini bermanfaat bagi tubuh, dan membantu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh, terutama di kulit. Dengan mengurangi terjadinya stres oksidatif, mentega kakao dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, termasuk keriput .

Menghapus Guratan: Penelitian juga menunjukkan mentega kakao untuk mengurangi munculnya bekas luka pada kulit dan membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.
Meningkatkan Kualitas Rambut: Selain aroma kakao yang lezat, mentega kakao juga bisa membantu melembabkan rambut Anda, membantu memperbaiki penampilan dan kekuatannya secara umum.
Anti Ketombe: Mentega kakao juga telah dikaitkan dengan insidensi ketombe yang lebih rendah dan folikel rambut sehat, sehingga mengurangi kerontokan rambut dan mencegah timbulnya pola kebotakan pada pria.
Kesehatan Kulit: Kualitas antioksidan mentega kakao tentu saja sangat memperhatikan tanda-tanda penuaan, namun mentega kakao juga memberi penghalang bagi kulit yang akan melindunginya dari agen luar juga. Antioksidan dan molekul organik yang menguntungkan melindungi kulit dari kekuatan lingkungan, internal, dan eksternal yang dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan pada kulit.
Kurangi Peradangan: Campuran kaya asam lemak dan antioksidan dalam mentega kakao menjadikannya pilihan ideal bagi orang yang ingin mengurangi peradangan pada kulit. Entah Anda mengoleskan mentega kakao ke psoriasis, eksim, ruam, atau jenis lain pada peradangan pada tubuh, Anda bisa menemukan kelegaan yang cepat dan menenangkan, dikombinasikan dengan aroma yang lezat. Hal ini juga bisa dicapai melalui konsumsi cocoa butter dalam bentuk coklat, begitulah cara kebanyakan orang memilih untuk mengakses manfaat kesehatan ini. Meskipun ada dampak negatif yang dapat dialami kelebihan lemak pada sistem kardiovaskular, beberapa penelitian awal menunjukkan perbaikan kondisi peradangan di jantung saat diobati dengan jumlah mentega kakao dalam jumlah sedikit.
Peringatan!
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mentega kakao sangat tinggi lemaknya, dan beberapa di antaranya bermanfaat untuk berbagai bagian tubuh, masih ada konsentrasi kalori yang tinggi dalam mentega kakao, dan karenanya tidak dapat diandalkan. Terlalu banyak oleh orang yang menderita obesitas atau mencoba mengurangi asupan kalori mereka. Minyak nabati dan lemak lainnya juga bisa memberi manfaat kesehatan ini tanpa bahaya bertambahnya berat badan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s