5 Tips Menanam Lidah Mertua di Pot agar Tumbuh Subur

Untuk menanam lidah mertua di pot, sagaknya gampang-gampang susah, dikarenakan pemilik lidah mertua harus rajin untuk merawatnya. Berikut Tips danTriknya :

1. Pakai Media Tanam yang Ideal

Lidah mertua memiliki daun yang tidak tipis serta memiliki kandungan air sukulen. Tanaman hias ini dapat bertahan hidup di tanah yang kering serta tumbuh subur waktu dipelihara di keadaan yang lembab. Tetapi, lidah mertua paling suka pada media tanam yang agak berpasir.

*Baca Juga Inilah Cara Budidaya Tanaman Hias Yang Tepat Dan Benar

Oleh karena itu, anda dapat memakai media tanam dari kombinasi tanah berhumus, pasir, sekam padi, serta pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1. Komposisi media tanam yang seimbang memungkinkannya mampu mengikat kandungan air dalam jumlah yang cukup.

2. Penentuan Pot yang Sesuai

Tidak jadi masalah bila anda pelihara lidah mertua segera di taman. Walau demikian, pesona tumbuhan ini bakal tampak lebih menarik waktu ditanam di pot. Supaya tanaman bisa tumbuh dengan cara normal, penentuan pot mesti memerhatikan segi keselarasan dengan varietas tanaman, keindahan tampilan, serta kecenderungan karakter material pot. Dianjurkan menggunakan pot yang terbuat dari keramik lantaran berbahan mempunyai pori-pori, berestetika tinggi, serta kokoh. Masukan alas berbentuk pecahan genteng atau sabut kelapa kedalam pot untuk menahan media tanam supaya tak gampang tenggelam.

3. Kerjakan Perkembangbiakan Dengan cara Berkala

Lidah mertua termasuk juga satu diantara tanaman hias yang gampang berkembang biak. Dalam tempo satu tahun saja, dapat di pastikan pot terisi penuh dengan tanaman-tanaman ini. Karenanya, sekurang-kurangnya perpindahan pot dikerjakan tiap-tiap 2 x satu tahun hingga populasi tanaman per pot tetaplah teratasi. Perbanyakan lidah mertua umumnya bisa dikerjakan dengan system tunas serta stek daun, dimana system tunas relatif lebih gampang dibanding dengan system stek daun yang cuma dapat dikerjakan pada varietas spesifik.

*Baca Juga : Harus Tahu!! Begini Cara Menanam Mengkudu Di Dalam Pot

4. Pemupukan Dengan cara Teratur

Sebagai tanaman yang tahan pada keadaan kering, sesungguhnya lidah mertua tidaklah terlalu memerlukan pemupukan dengan cara teratur. Tetapi bila anda menginginkan sansevieria yang ditanam tumbuh lebih maksimal, tak ada kelirunya memberi pupuk dengan teratur tiap-tiap tiga bln. sekali. Pupuk yang didapatkan cukup pupuk organik, seperti pupuk kompos serta pupuk kandang. Spesial untuk lidah mertua dari varietas variegata, anda dapat memberinya pupuk guano organik.

5. Penyiraman Waktu Dibutuhkan

Frekwensi penyiraman lidah mertua bisa dikerjakan cukup ketika dibutuhkan mengingat tanaman ini dipelihara di pot. Pola penyiraman terlalu berlebih malah bakal menyebabkan system perakarannya membusuk. Umumnya, penyiraman dikerjakan tiap-tiap tiga hari sekali dengan jumlah air seperlunya. Sambil menyiram, dianjurkan juga untuk bersihkan daun tanaman supaya tetaplah tampak indah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s