Tren!! Budidaya Stek Batang Daun Mint Di Dalam Rumah

Mint adalah salah satu anggota keluarga herbal yang paling populer. Penggunaannya tidak terbatas bisa juga dikonsumsi di kuekue atau minuman. sendiri paling suka mengonsumsi mint dengan green tea.

Ada banyak sekali spesies mint. Spearmint, peppermint, orange mint, pineapple mint, apple mint, chocolate mint, dan lain-lain lagi. Di Indonesia sendiri, yang paling sering dijumpai di pasaran adalah jenis spearmint. Mungkin karena pertumbuhannya sesuai di iklim sini.

Di luar Indonesia, termasuk di negara-negara 4 musim, mint ditanam outdoor dan indoor. Ketika musim panas biasanya ditanam di luar rumah, kalau sedang winter, dimasukkan ke dalam rumah untuk melindunginya dari salju dan untuk menyegarkan aroma ruangan yang lembab. Di sana,, menanam mint sudah menjadi tren, tapi kalo di Indonesia, sepertinya belum mencapai titik maksimumnya.

Untuk Anda yang ingin mencoba menanam mint, tidak terlalu sulit. yang terpenting untuk mint adalah lingkungan yang lembab, dan teduh. Kamu bisa menciptakan kondisi ini dengan menaruh mint di bawah shading net (peneduh/tudung), kemudian menyiramnya 2 kali sehari, sampai becek juga boleh, biar lembab. Begitu aja mint sudah senang.

Nah, kali ini saya ingin berbagi mengenai cara membudidayakan mint.

Hal pertama yang di lakukan adalah menyiapkan pot. Pot yang di gunakan adalah pot plastik diameter 10 cm. Untuk kamu yang punya pot terracotta (tanah liat) atau pot keramik, bisa menggunakan pot jenis ini, karena pot macam begini sifatnya dingin sehingga mint akan lebih bahagia.

artikel
Pot Yang Telah Di Isi Campuran Tanah, Pupuk Dan Sekam

Selanjutnya siapkan media. Media yang di gunakan adalah tanah:sekam:pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1. Isi pot sampai penuh dan sedikit dipadatkan supaya tidak ada kehampaan dalam pot ketika tanahnya melempem akibat penyiraman. Lalu, siram tanahnya sampai basah.

*Baca Juga : Cara Budidaya Semangka Tanpa Biji Dengan Baik & Benar

Kemudian memilih batang-batang mint yang tegar-tegar untuk distek. Ciri batang mint yang siap distek adalah batangnya keras (tidak loyo) dan tebal (tidak kurus), ciri mudahnya, dia tidak akan patah atau meletot ketika ditancapkan ke media tanam.

IMG_20150315_173444
Batang Mint Yang Siap Untuk Di Stek

Untuk pemotongan batang, sebaiknya dilakukan dengan menyerong, supaya batang lebih runcing, dan lebih mudah ditancapkan ke media. Laku buang juga daun-daun di dekat bagian yang runcing agar tidak menghambat ketika penancapan batang ke media.

Spearmint yang kali ini di tanam ada 2 jenis. Yang pertama adalah jenis mint yang langu sekali baunya (batang berwarna merah), satunya lagi mint yang baunya tidak terlalu langu, tapi mint nya lebih kuat (batang berwarna merah muda, paling kiri). Selanjutnya tancapkan batang-batang mint tadi ke dalam media yang sudah disiram. Siram lagi sedikit, kemudian taruh di tempat yang terlindung dari cahaya matahari. Penancapan masing-masing 2 batang mint untuk setiap pot. Dan mereka sudah punya rumah sendiri-sendiri.

mint siap tanam
Bibit Mint Yang Siap Di Tanam

Penyetekan mint sebaiknya dilakukan sore hari agar tidak mengganggu aktivitas dapur (fotosintesis) -nya. Tapi kalau kamu hanya bisa melakukannya di siang hari, tidak apa-apa, hanya saja mint nya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk proses recovery. Jika penyetekan dilakukan siang hari, mint akan terlihat memprihatinkan setelah 5 menit ditancapkan di media baru.

penanaman mint

Waktu pertama kali melakukannya, jangan berkecil hati karena sepertinya daun mint gaga tumbuhl, dan mint-nya mati. Tapi jangan khawatir, ini hanya berlangsung paling lama 3 hari. Di hari ketiga, dia sudah mulai segar. Tetap disimpan di tempat teduh dan disiram dua kali sehari.

mint yang hampir layu
Keadaan Mint Selama 3 Hari

Kemudian setelah 1,5 minggu

tanamn mint yang segar
Mint Yang Sehat
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s