Macam-Macam Hama dan Penyakit Pada Tanaman Wortel serta Cara Mengatasinya

gambarbanner worte

Pasti anda mengenal jenis tanaman yang satu ini bukan??!! Yup! ini adalah tanaman wortel. Yaitu tanaman yang kaya akan kandungan vitamin A, dan banyak disukai oleh masyarakat. Tahukah anda!!! Bahwa terdapat macam-macam hama dan penyakit yang sering menyerang jenis tanaman yang satu ini loh!!

Kali ini kita akan membahas tentang “Hama dan Penyakit Pada Tanaman Wortel serta Cara Mengatasinya”.

Hama dan penyakit merupakan kendala yang sering dihadapi oleh para petani, karena hama dan penyakit dapat menghambat pertumbuhan dan menurunkan produktivitas, bahkan kematian pada tanaman. Dengan adanya serangan hama dan penyakit ini membuat para petani harus banyak kehilangan tanaman (gagal panen).

Dalam hal ini para petani harus mengambil tindakan serius. Jika tidak maka tanaman akan mudah rusak dan mengakibatkan hal yang tidak diinginkan. Untuk mengendalikannya, para petani harus mengetahui gejala dan kondisi tanaman terlebih dahulu, agar lebih mudah untuk mengendalikan/mengatasinya.

Berikut ini ulasan mengenai hama dan penyakit pada tanaman wortel dan bagaimana cara mengatasinya :

1. Hama Pada Tanaman Wortel

a. Kutu Daun ( Aphid, Aphis spp )

hama

Hama Tanaman Wortel

Ciri-cirinya ialah warnanya hijau kehitaman, bentuknya kecil dan mempunyai bulu halus pada sekitar tubuhnya. Hama ini dapat menyerang dan menghisap sari pati pada daun. Jika tanaman sudah terserang, maka akan menunjukkan gejala daun yang menguning, berlubang, bahkan kering dan mati.

Cara Mengatasi :

Pada hama ini dapat diatasi dengan cara membersihkan lahan dan mengurangi banyaknya tanaman (penjarangan). Bisa juga dengan menggunakan pestisida, namun tidak disarankan kerena dapat mempengaruhi kualitas dan kondisi kesehatan wortel nantinya.

b. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon Hufn )

Ciri-cirinya ialah berwarna kecoklatan, panjang badan sekitar 4-5 cm, hidup dalam tanah. Menyerang pada bagian akar tanaman, jika sudah terserang, maka tanaman akan mengalami gejala seperti layu lalu kering kemudian mati.

Cara Mengatasi :

Pada hama ini dapat diatasi dengan cara melakukan penyemprotan pestisida atau bisa juga dengan cara manual seperti memungut ulat tersebut satu-persatu kemudian membuangnya sejauh mingkin.

*Baca Juga : Cara Menanggulangi Hama Penyakit Terong

c. Lalat ( Psile rosae )

Ciri-cirinya memiliki warna hitam kehijauan, terlihat belang-belang coklat pada tubuhnya. Hama ini menyerang pada bagian buah tanaman. Gejala yang ditunjukkan ialah membusuknya bagian dalam tubuh tanaman, buahnya menjadi berlubang.

Cara Mengatasi :

Pada jenis hama ini, dapat diatasi dengan cara membuat perangkap untuk lalat, dan membersihkan lahan secara teratur, tentunya dengan menyemprotkan pestisida.

2. Penyakit Pada Tanaman Wortel

a. Nematoda Bintil Akar

Nematoda bintil akar ini disebabkan oleh Heterodera carotae. Apabila tanaman tersebut terserang, maka gejala yang timbul ialah munculnya bintik-bintik pada umbi tanaman dan bisa menyebabkan umbi tanaman tersebut mengalami kerusakan hingga cacat pada tanaman wortel.

Cara Mengatasi :

Jika tanaman tersebut terkena penyakit ini, dapat diatasi dengan cara melakukan perendaman benih dengan menggunakan larutan fungisida. Apabila tanaman sudah tertular, sebaiknya dicabut dan langsung dibakar, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit.

b. Bercak Daun

Hal ini disebabkan oleh Cercospora sp. Ciri-cirinya ialah munculnya bercak-bercak hitam atau coklat pada bagian permukaan daun tua. Apabila dibiarkan maka akan menimbulkan kecacatan pada tanaman wortel dan dapat mempengaruhi kualitas buahnya.

Cara Mengatasi :

Jika tanaman tersebut sudah terserang, dapat diatasi dengan cara melakukan membersihkan lahan secara teratur, dan jika tanaman tersebut tertular, sebaiknya dicabut lalu dibakar, hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit.

*Baca Juga : Produsen Polybag , Jual Polybag (koker) Untuk Pembenihan Tanaman

c. Busuk Alternaria

Hal ini disebabkan oleh Alternaria dauci, jika tanaman tersebut terserang, akan terlihat bercak coklat tua kehitaman pada daun. Apabila kondisi tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan daun menjadi layu bahkan sampai mengering.

Cara Mengatasi :

Caranya rendam benih dengan menggunakan larutan fungisida, membersihkan lahan atau dapat menyemprotkan fungisida dithane, hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran dan memberantas sumber penyakit.

Sekian dulu pembahasan mengenai “Hama dan Penyakit Pada Tanaman Wortel serta Cara Mengatasinya”. Jika anda menemukan gejala hama dan penyakit pada tanaman wortel yang anda budidaya, anda bisa mengatasinya dengan cara diatas..
Selamat mencoba..

Advertisements

About Lim Mulyono

Entrepreneur
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s