Cara Ngentrik, Budidaya Terong Ungu Agar Tumbuh Subur

terong-unguu

Terong ungu adalah satu diantara tanaman sayuran yang banyak didapati di Indonesia. Macam masakan di Indonesia banyak memakai terong sebagai bahan bakunya. Tidak hanya rasa-rasanya yang enak saat dimasak, nyatanya Terong memiliki kandungan banyak faedah untuk kesehatan, faedah terong untuk kesehatan salah satunya :

  1. Melindungi Membran Sel Otak dari Kerusakan, kandungan fitonutrien pada terong bisa membantu melindungi kesehatan sel otak serta membuat perlindungan memori pada otak.
  2. Penolak radikal bebas, kandungan asam klorogenat pada terong berperan menyapu radikal bebas.
  3. Menjaga kesehatan kulit kepala, kandungan mineral serta vitamin pada terong menolong melembabkan kulit kepala.
  4. Memperlancar pencernaan, kandungan serat pada terong bisa menolong membuat lancar pencernaan serta mencegah sembelit.

*Baca Juga 1001 Trik Budidaya Jamur Tiram Untuk Pemula 

Terkecuali faedah diatas, terong diakui mempunyai lebih banyak lagi faedah untuk kesehatan. Nyatanya untuk hidup sehat tak perlu ribet, dengan konsumsi makanan yang kaya faedah untuk kesehatan seperti terong telah bisa membenatu mengurangi peluang penyakit berkembang pada badan. Diluar itu terong juga tak susah untuk dibudidayakan, untuk kemampuan kepentingan yang sedikit terong bisa ditanam di pot atau polybag. Penanaman terong di pot atau polybag telah dapat penuhi keperluan sayuran keluarga. Tersebut langkah untuk membuahkan terong ungu yang membuahkan buah banyak waktu ditanam di polybag atau pot.

  • Menentukan Bibit

Bibit terong ungu bisa didapat dengan pembibitan sendiri yakni dengan mengambil biji dari terong ungu yang telah tua, biarkan buah terong yang khusus diperuntukan sebagai bibit hingga betul-betul tua serta membusuk di pohon, kemudian ambillah serta pisahkan biji-bijinya. Buah yang jadikan bibit baiknya buah terong yang mempunyai keadaan fisik bagus (tidak diserang hama, serta memiliki bentuk prima).

Sesudah biji-biji di ambil, kerjakan penjemuran biji terong di sinar matahari tetapi janganlah sangat lama, sekitaran 2 jam. lalu tempatkan di ruang yang pengeringan yang tidak terserang sinar matahari dengan cara langsung. Jemur sepanjang 4-5 hari supaya biji terong betul-betul kering. Taruhlah di ruang yang kering bila ditujukan dalam waktu yang lama.

Seandainya tak mau repot, langkah praktisnya yaitu dengan beli bibit terong di beberapa toko yang jual kepentingan pertanian. Anda bisa pilih bibit terong sesuai sama apa yang diinginkan. Hal yang butuh di perhatikan yaitu janganlah beli bibit yang saat kadaluarsanya telah dekat, lantaran bibit tanaman mempunyai daya tumbuh. Makin lama bibit disimpan jadi daya tumbuhnya akan menyusut. Pastikan bibit yang tanggal pengemasannya baru atau tanggal kadaluarsanya masihlah cukup lama, serta periksa pembungkus bibit dengan benar. Janganlah beli bibit yang bungkusnya telah ada bolong, di kuatirkan hama atau semut telah masuk serta mengonsumsi biji yang ada didalam.

*Baca Juga Dapatkan Tips Jitu!! Rahasia Menanam Kencur di Polybag

  • Penyemaian Bibit

Seperti menanam cabe, bibit terong ungu baiknya disemai terlebih dulu. Buat ruang penyemaian dengan ukuran 50 cm x 50 cm, gemburkan dengan memakai cangkul serta bentuk menggunduk seperti tegalan.

Taburkan pupuk kandang atau kompos seperlunya, janganlah terlalu banyak lantaran di kuatirkan mengakibatkan perubahan jamur. Kemudian taburkan benih terong dengan cara merata sesuai dengan keperluan (sesuai dengan jumlah polybag yang akan ditanami). Kelabihan semaian bisa dipakai sebagai persiapan sulam atau ditanam di Tanah dengan cara segera.

Taburi biji terong yang disebar dengan memakai Tanah dengan cara merata serta tidak tebal, berikan penutup di bagian atasnya dengan jarak sekitaran 30-40 cm dari permukaan Tanah. Hal semacam ini ditujukan supaya kelembaban ruang semaian tetaplah terbangun serta melindungi supaya biji terong tidak bertaburan waktu terserang hujan atau penyiraman.

Kerjakan penyiraman dengan teratur pagi serta sore hari hingga bibit terong ungu siap dipindahkan. Kerjakan juga pencabutan rumput-rumput yang turut tumbuh di ruang penyemaian. Bibit telah dapat dipindahkan ke polybag sesudah bibit mempunyai 4-5 helai daun.

  • Mempersiapkan Polybag atau Pot

Sediakan polybag dengan ukuran yang tengah (40 cm x 50 cm), isi dengan Tanah yang gembur serta campur pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 3 : 1 (3 Tanah : 1 Pupuk). Isilah polybag hingga hampir penuh (sisakan polybag sekitar 10 cm), Tempatkan polybag di ruang yang teduh serta biarkan sepanjang 2 hari sebelum ditanami.

  • Menanam Bibit Terong Ungu

Sesudah bibit terong ungu yang disemai mempunyai daun 4-5 helai, bibit bisa dipindahkan ke polybag. Kerjakan penyiraman terlebih dulu pada semaian sebelumnya mencabut bibit. Cabut bibit dengan cara perlahan-lahan supaya tidak mengakibatkan kerusakan akarnya.

Buat lubang di Tanah pada polybag yang sudah disediakan dengan memakai jari atau tongkat kayu sedalam 5-10 cm. Tanam bibit terong sejumlah 1 bibit per polybag.

Penanaman baiknya dikerjakan pada sore hari supaya tidaklah terlalu panas, lakukan penyiraman sesudah penanaman dikerjakan.

*Ingin Dapat Info Terbaru Tentang Dunia Pertanian & Perkebunan? Yuk Gabung DISINI

  • Perawatan Terong Ungu

Penyiraman harus dikerjakan setiap pagi serta sore hari. Bila musim hujan penyiraman bisa dihentikan. Perawatan yang butuh dikerjakan lainnya yaitu bersihkan rumput yang tumbuh di pot atau polybag. Pemberian pupuk juga sangat disarankan, tetapi baiknya pupuk organik lantaran terong ini untuk dikonsumsi supaya tidak membahayakan kesehatan anda.

Kerjakan perawatan yang teratur pada terong ungu, petik daun yang terserang hama serta cabut tanaman terong yang telah diserang hama supaya tak menebar ke tanaman yang lain. Langkah menanam terong ungu dalam pot atau polybag ini bisa dikerjakan oleh siapa saja dirumah, terkecuali mudah dilakukan cara ini juga bisa menghasilkan terong yang mempunyai buah banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s