Langkah Budidaya Tanaman Cengkeh

9-manfaat-penting-cengkeh-bagi-kesehatan

Cengkeh (Syzygium aromaticum) adalah satu diantara komuditas ekspor Indonesia sebagai unggulan. Dari cengkeh ini kita banyak memperoleh sumbangan devisa. Oleh lantaran keinginan cengkLangkaheh bakal luar negeri sangat banyak serta bertambah dari tahun ke tahun. Karenanya  kita memakai potensi kita untuk dapat membuahkan cengkeh dengan cara optimal atau sebanyak-banyaknya. Lantaran cengkeh ini sangat unik, dengan umur yang panjang dia dapat tetaplah produktif bila bibitnya bagus seperti cengkeh AFO yang ada di Ternate.

Dengan cara keadaan negara kita sangat untungkan lantaran apa sajakah yang kita tanam tentu tumbuh. Demikian pula cengkeh begitu tumbuh subur di Negara ini. Walau demikian ada banyak hal yang mengakibatkan budidaya cengkeh ini dapat optimal, diantaranya di antara yaitu :

Keadaan Tanah
Tanaman cengkeh bias tumbuh subur di tanah yang berstruktur baik, yaitu gembur, tak berpadas, berlapisan tanah liat serta tanah berpasir (tanah vulkanis muda), tanah-tanah itu kurang pas untuk tanaman cengkeh, lantaran sangat gampang kehilangan air.

Iklim
Keadaan iklim begitu memastikan kesuksesan dalam budidaya cengkeh. Lantaran cengkeh tak bias hidup di daerah yang kering, lantaran keadaan ini bias menyebabkan matinya pohon cengkeh yang berumur muda pada usia 1 – 2 th., juga mati ranting pada pohon dewasa, serta kurang produktifnya pohon yang telah tua.

Tanaman ini baik di lokasi yang memiliki curah hujan pada 2. 000 – 3. 500 mm, namun yang rata selama th.. Tetapi bila sangat tinggi curah hujannya juga tak baik untuk perkembangan tanaman cengkeh, curah hujan di atas 4. 000 mm dapat menyebabkan kematian. Lantaran hujan yang terus-terusan bakal menyebabkan rusaknya pada bunga muda serta bisa mengakibatkan perkembangan lumut-lumut pada cabang serta ranting.

Tanaman cengkeh begitu pas dengan keadaan iklim yang hangat serta tidaklah terlalu lembab, karenanya jarak tanam butuh di perhatikan, baiknya pada 8 x 8 mtr.. Hingga aliran hawa sekitaran pohon bias cepat bertukar serta terbangun kelembabannya. Tanaman cengkeh juga begitu memerlukan cahaya matahari yang cukup, terlebih pada saat pembungaan.

Varietas Unggul
Penyediaan bibit yang baik begitu punya pengaruh untuk berhasil tidaknya budidaya cengkeh ini. Hingga penyemaian bibit serta pemilihannya mesti betul-betul di perhatikan. Sebaiknya sebelumnya ditanam alangkah sebaiknya bibit-bibit cengkeh yang telah kita tentukan ini kita semaikan dahulu dalam bedengan-bedengan yang kita buat atau dapat dengan juga polybag.
manfaat-cengkeh-alodokter

*Baca Juga Pembudidayaan Kentang Dengan Polybag

Sistem Pembibitan Cengkeh
1. Pembibitan Di Bedengan Tanah
Sekitaran dua minggu sebelumnya tanam, tanah bedengan digabung pupuk kandang dosis 20 kg/m2, lalu disterilkan dengan pestisida. Untuk bedengan tempat penyemaian bibit cengkih umumnya kita buat dengan lebar bedengan sekitaran 1, 5 – 2 m sedang panjang bias sesuaikan tempat dengan tinggi sekitaran 30 – 50 cm dari permukaan tanah. Penanaman benih dikerjakan dengan jarak pada 20 x 20 cm atau 20 x 25 cm untuk benih usia 1 th., serta 30 x 30 cm untuk benih usia 2 th..

Janganlah lupa bedengan ini mesti dibikin terlindung dari cahaya matahari dengan cara segera (di buat teduh) dengan dipasangkan paranet. Media yang dipakai dalam bedengan ini sebaiknya gembur, bebas dari penyakit serta tetaplah lembab. Bibit cengkeh mulai dapat dipindahkan ke kebun mulai sejak umur 3 bln. atau optimal dapat umur 2 th..

2. Pembibitan Di Polybag
Untuk pembibitan cengkeh (cengkih) polybag yang dipakai :
– ukuran 15 x 20 cm, ketebalan 0, 06 untuk benih usia 1 tahun
– ukuran 20 x 25 cm, ketebalan 0, 08 untuk benih usia 2 th..
Bila bibit masihlah berumur 3 – 4 bln. tak bisa segera dipindahkan ke kebun namun ke polybag hingga umur 1 – 2 th. dengan jarak antar polibag sekitaran 60 cm x 60 cm hingga 80 cm x 80 cm. Dalam saat pembenihan ini kita juga tetaplah memerhatikan segi pengairannya, bila di rasa dalam 2 – 3 hari berturut-turut tak turun hujan, jadi benih mesti secepat-cepatnya disiram dengan alat penyiram yang lubangnya halus, supaya biji-biji tak terpelanting.
Sembari juga tetaplah dijaga tingkat kegemburan dari bedengan itu. Diluar itu, rerumputan serta tanaman pengganggu mesti dicabuti supaya tak mengganggu perkembangan dari bibit cengkeh pada sekarang ini dapat pula dibarengi pemberian pupuk urea dengan dosis ± 30 gr per m². Penggemburan tanah serta pemupukan lewat cara yang sama dikerjakan setiap sebulan sekali.

Langkah pengambilan benih mesti hati-hati, upayakan pengaambilan benih dengan tanahnya agar akar tak rusak, kemudian benih serta tanah dapat dimasukkan ke polibag atau pembungkus lain, yang paling utama tanah serta akar tak pecah.

Sepanjang dalam polibag ini benih disimpan sekitaran 1 – 2 minggu serta di taruh ditempat terlindung (teduh) sembari disemprot dengan K. O. C 1 – 2% untu menahan perkembangan jamur pada daun. Semakin lebih baik lagi bila disemprot dengan insektisida. Di mana dalam penyimpanan ini dimaksdukan untuk meminimalkan kematian bibit yang ingin ditanam di areal tanam. Sesudah di rasa bibit telah normal pertumbuhannya baru dipindahkan ke areal tempat sembari dipotong pucuk/pupus yang kering untuk mempercepat perkembangan setelah itu.
Lim Corporation 5

Kami menyediakan polybag untuk berbagai budidaya tanaman Untuk keperluan polybag silakan hubungi kami  di 08123. 258. 4950 – 0877. 0282. 1277, informasi sedetailnya click di sini www.polybag123.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s