Mengetahui Langkah Budidaya Pohon Gaharu

jual kayu gaharu

Gaharu yaitu nama dari type kayu yang ada dengan beragam jenis warna serta bentuk yang khas. Type kayu gaharu mempunyai kandungan damar wangi hingga kayu ini jadikan sebagai bahan pewangi alami. Bahkan juga di ketahui juga kalau type kayu gaharu adalah bahan aromatik yang paling mahal didunia. Indonesia yaitu negara pengekspor kayu gaharu nomer 1 didunia. Oleh karenanya, budidaya pohon gaharu adalah kesempatan usaha yang begitu menjanjikan yang dapat kita jalani. Bila Anda ketahui, harga kayu gaharu dengan kwalitas yang terbaik dapat bernilai pada 5 juta rupiah per kg sampai 20 juta rupiah per kg. Bahkan juga diberitakan kalau harga kayu gaharu pernah meraih 100 juta per kg. Sungguh mengagumkan bukan?

Kwalitas Kayu Gaharu
Lantas bagaimana bila kayu gaharu yang kita budidayakan mutunya tak termasuk juga yang paling baik? Kita tak perlu kuatir lantaran harga kayu gaharu akan relatif tinggi walau mutunya rendah. Untuk kelas yang terendah saja, harga kayu gaharu yaitu 50 ribu rupiah per kilogramnya. Jadi kita masihlah bakal tetap untung walau kwalitas hasil panen kurang baik. Lantas sesungguhnya untuk apakah kayu gaharu ini sampai harga nya dapat hingga setinggi itu? Type kayu ini diimpor oleh negara-negara lain dari Indonesia untuk jadikan bahan baku pembuatan obat-obatan, minyak wangi, kosmetik, sampai digunakan untuk acara-acara ritual keagamaan. Yang pasti, budidaya gaharu yaitu satu diantara kesempatan usaha yang terbaik untuk ditelateni. Ditambah lagi, pohon gaharu bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti di negara kita ini.

Daya Tarik Kayu Gaharu
Lantaran faedahnya yang sungguh mengagumkan, kayu gaharu sudah begitu populer mulai sejak zaman dulu. Kayu gaharu jadi konsumsi beberapa raja di beberapa belahan dunia. Bahkan juga dalam sistem pembuatan mumi, minyak gaharu juga dipakai untuk melumuri jasad. Sedang dupa gaharu mempunyai aroma yang begitu wangi yang dulu umum digunakan untuk mengharumkan badan, rambut, baju, serta ruang beberapa raja serta bangsawan. Didalam perdagangan dengan cara internasional, gaharu ada berbentuk kayu, serbuk, ataupun minyak. Kayu gaharu dapat di proses jadi beragam jenis kerajinan yang mempunyai nilai jual yang begitu tinggi, sedang minyak gaharu yaitu satu diantara bahan untuk pembuatan beberapa minyak wangi elit. Diluar itu, kayu gaharu juga diakui bermanfaat sebagai ramuan awet muda.

cari-kayu-gaharu

Kesempatan Budidaya Kayu Gaharu
Seperti yang sudah pernah kita singgung tadi, budidaya kayu gaharu yaitu satu diantara pilihan usaha yang menjanjikan. Kayu gaharu mempunyai nilai ekonomis yang begitu tinggi. Semua sisi dari pohon gaharu, yaitu dari ujung akar sampai ujung daun, mempunyai harga jual yang tinggi. Tetapi sayang sekali kesempatan usaha yang sungguh mengagumkan ini belum demikian banyak di kenal oleh orang-orang luas. Hingga mengakibatkan yaitu cuma sebagian orang spesifik saja yang telah mulai meningkatkan usaha budidaya pohon gaharu ini. Lagipula, jumlah ekspor kayu gaharu dari Indonesia juga makin menyusut sekarang ini. Karenanya, ini dapat jadi peluang besar kita, terlebih yang kegemaran bercocok tanam. Nah, untuk beberapa pembaca sekalian yang sangkanya tertarik untuk meningkatkan budidaya tanaman gaharu, tersebut bakal kita ulas serta tekuni berbarengan tehnik budidaya gaharu, dari mulai pembibitan, lalu dari sisi langkah menanam, lantas juga langkah memanen akhirnya.

Panduan Budidaya Kayu Gaharu
Terdapat banyak panduan tentang langkah budidaya gaharu. Panduan yang pertama yaitu sudah pasti kita mesti terlebih dulu mempersiapkan tempat. Setelah itu, kita butuh mencari pihak yang dapat memberi suplay bibit pohon gaharu untuk kita tanam. Lalu, kita mesti mencari tahu juga dimana kita dapat menyetorkan hasil panen kita ini nanti. Sesudah semuanya koneksi kita peroleh, panduan yang selanjutnya yakni pelajari langkah budidaya gaharu, dengan hal tersebut kita bakal tahu bagaimana caranya tanam gaharu yang pas hingga usaha kita ini akan tidak terhalang.

*Jangan Lewatkan Baca Juga Proses Pembibitan Tanaman Jabon

Tehnik Menanam Gaharu
Gaharu sesungguhnya dihasilkan dari pohon-pohon yang tumbuh di daerah tropis. Pohon-pohon itu alami infeksi baik dengan cara alami ataupun buatan yang lalu mengakibatkannya mati. Nah, dari pohon-pohon yang sudah terinfeksi tersebutlah gaharu dapat kita dapatkan.
Lantas bagaimana tehnik menanam pohon penghasil gaharu?
1. Pertama tama, yang perlu kita kerjakan yakni pilih tempat yang pas, yaitu tempat yg tidak terendam air (seperti sawah maupun rawa-rawa) yang ada di ketinggian pada 0 sampai 750 mdpl.
2. Untuk pembibitan, pohon gaharu dapat ditanam terlebih dulu didalam polybag.
3. Sambil menanti bibit siap dipindahkan, kita dapat memproses tempat supaya tanahnya lebih subur, yaitu lewat cara bikin lubang-lubang, memberikannya pupuk kandang, serta biarkan sepanjang lebih kurang 1 bln..
4. Setelah itu sesudah bibit siap, baru kita pindahkan ke tempat yang sudah kita sediakan tadi. Untuk penanaman, jarak tanam yang ideal yaitu sekitaran 2 x 2, 25 mtr.. Sedang saat paling baik untuk menanam yaitu dimuka musim hujan saat pagi hari atau sore hari.
5. Kemudian, pohon selalu dirawat dengan pemberian pupuk serta pengairan dengan cara teratur. Sampai meraih umur 18 bln., pohon baiknya diberikan naungan agar teduh.

polybag 2

Kami Menyediakan Polybag dengan kualitas super dan polybag kualitas standart (kw). Untuk polybag kualitas super bisa dipakai untuk jangka waktu 9 bln-12 bulan. Sedangkan untuk polybag kualitas kw (standart) hanya bisa digunakan dalam jangka waktu paling lama 6 bulan. Info harga polybag SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 / 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 Email: limcorporation2009@gmail.com atau info lengkap di  www.polybag123.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s