Keuntungan Menanam Lada di Dalam Polybag

Tanaman Lada yaitu tanaman yang sejenis merambat. Tanaman Lada dapat diperbanyak dengan cara vegetatif (secara stek batang) atau dengan generatif (dengan biji).

Lada juga merupakan salah satu sumber bahan penyedap rasa masakan yang rasanya pedas mirip dengan cabai dan harganya yang semakin tinggi, Budidaya lada dapat meningkatkan nilai ekonomi dalam keluarga apabila dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar. Si kecil pedas ini juga sudah di budidayakan sejak jaman dulu. di samping itu lada juga memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan tubuh kita.

 

Keuntungan yang dapat diperoleh apabila menanam Lada di dalam polybag antara lain:

1. Mengurangi terjadinya keterbatasan bibit atau kelangkaan bibit lada
2. Mengoptimalkan pertumbuhan pada saat penanaman di lahan perkebunan
3. Menambah lapangan pekerjaan bagi pelaku usaha pembenihan
4. Perawatannya mudah dan murah
5. Usia tanaman 3 tahun 1 batang tanaman lada menghasilkan 8-10kg biji lada.
6. Tahan terhadap cuaca.
Seru dan menarik bukan? Langsung saja berikut ini cara penanamannya:

1. Berasal dari sulur panjat yang tumbuhnya keatas serta menempel pada pohon sandaran.
2. Sulur yang baik untuk bahan stek yaitu yang sudah berusia 5-9 bulan.
3. Stek tanaman lada sebaiknya di ambil dari sisi yang mempunyai akar serta tunas tidur antara helaian serta ruas daun.
4. Pohon induk harus kuat, mempunyai perkembangan yang bagus, serta daunnya berwarna hijau tua.

 

Baca Juga Penjualan Polybag Murah

 

 
Beberapa langkah pembibitan dengan stek pendek satu ruas :

1.  Potong sulur pada setiap ruas tanaman lada yang mempunyai satu helai daun, mata telur serta akar lekat dengan memakai pisau yang tajam dan harus steril. Stek yg tidak mempunyai akar lekat lebih baik dipisahkan dari stek yang mempunyai akar lekat.
2.  Setelah itu stek yang telah dipotong-potong serta mempunyai akar lekat tadi disemaikan kedalam bak persemaian yang sudah di isi dengan pasir.
3.  Sedang stek yg tidak punya akar lekat, sebelum disemaikan, terlebih dulu pangkalnya di celupkan kedalam hormone tumbuh, seperti Rhizopon AA.
4.  Kemudian, semaikan stek tadi kedalam persemaian, lalu tutup tempat persemaian tadi dengan sungkup plastik, yang berfungsi untuk memperoleh kelembapan yang tinggi dan suhu yang rendah. Kelembapan yang tinggi serta suhu yang rendah ini akan membantu perkembangan stek.
5.  Bila stek sudah berusia 3-4 minggu, buka plastik sungkup yang menutupi tempat persemaian.
6.  Setelah itu stek dipindahkan kedalam polybag (kantong plastik hitam) yang sudah berisi media tanam yakni kombinasi tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Lebih baik tiap-tiap polybag itu di beri pupuk buatan, umpamanya, urea masing-masing 0, 5 gram.
7.  Langkah selanjutnya kerjakan pemeliharaan pada tanaman. Susun polybag yang sudah diisi stek tadi dengan teratur, tempatkan ditempat yang teduh, dapat di bawah pohon-pohon maupun tempat teduh khusus yang di buat dari pelepah kelapa, alang-alang dsb.
8.  Kerjakan penyiraman seperlunya setiap pagi serta sore hari, kecuali pada musim penghujan.
9.  Bila terlihat ada tanda-tanda serangan hama serta penyakit yang menyerang segera lakukan penyemprotan dengan pestisida. Bila terjadi serangan hama serangga dapat menggunakan insektisida. Tetapi kerap juga terjadi serangan cendawan hingga pengendaliannya mesti menggunakan fungisida.
10. Janganlah lupa bersihkan juga tanaman dari serangan gulma di sekitaran tanaman lada yang bisa mengganggu sistem perkembangan.
11. Bila tanaman tumbuh pada polybag, pembersihan gulma dapat dikerjakan dengan mencabuti gulma yang tumbuh di sekitar polybag dengan memakai tangan dan jika pada tanah tempat penyimpanan polybag harus memakai arit serta semacamnya. Pemeliharaan itu mesti dikerjakan dengan teratur serta terus menerus hingga bibit lada siap ditanam di tempat perkebunan maupun di pasarkan.

Lihat Juga : Peluang Usaha Yang Menjajikan Dengan Tanaman Cengkeh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s