3 Keunggulan Menanam Di Dalam Polybag

cea75-caramenanamsayurandenganmenggunakanpolibagataupot

Menanam sayuran dengan media pot, awal mulanya cuma untuk mengisi saat sekalian hoby di saat senggang. Dari segi jumlah, tentunya begitu terbatas karena sekedar untuk penuhi apa yang menjadi keperluan sendiri. Meskipun sekarang ini sudah banyak yang memperlihatkan, bertanam dalam polybag dalam taraf besar juga menguntungkan.

Di bawah ini yaitu plus – minus dalam bertanam dalam polybag :

1. Cost pengolahan tanah bisa ditekan

Menanam di polybag, tak perlu lagi memproses tanah sebagai tempat penanaman. Anda cukup mencari sebagian media tanam seperti tanah, pupuk kompos/kandang serta pasir lantas digabung dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Lalu pada polybag diatur, agar berdiri dengan tegak. Saat sebelumnya tanahnya dimasukkan, lubangi dahulu ruang bawah polybag supaya air yang berlebih dapat selekasnya mengalir keluar. Pada polybag, pengisian tanahnya ditata sampai setinggi 5 cm dari permukaan polybag.

2. Harga nya lebih murah

Bila di banding memakai media pot, jelas pemakaian polybag bakal tambah lebih murah serta sederhana.

3. Gampang untuk dipindah

Pada varian sayuran yang sudah ditanam di polybag, bakal gampang dipindah pada tempat yang kita kehendaki seumpama ada serangan hama maupun penyakit tanaman yang demikian ganas.

Terkecuali tiga keuntungan bertanam di polybag, kerugiannya ada juga. Di bawah ini salah satunya :

1. Tumbuh kembang tanaman terbatas

Hal semacam ini lumrah bila perubahan akar pada tanaman, terbatas sebatas dibagian potnya saja. Ini jelas tidak sama bila tanaman ada di tanah.

2. Pola perawatan harus intensif serta rutin

Ini dikerjakan dalam rencana memperoleh hasil yang sebaik-baiknya. Hingga, kadang-kadang ada yang terasa kurang dapat. Terlebih bila masuk musim yg tidak bersahabat.

3. Intensitas pemupukan harus lebih banyak

Keadaan dari tanaman yang serba terbatas, harus disertai dengan kandungan pemupukan semakin banyak agar akhirnya jadi lebih memuaskan. Bila tak lakukan hal yang sekian, mungkin saja menanam didalam polybag ini dapat tidak berhasil.

Pola bertanam dengan cara hidroponik sesungguhnya jadi jawaban atas segi kurang menguntungkan dari penanaman di polybag bermedia tanah. Dimana masalah perawatan, pemupukan serta tumbuh kembangnya dapat lebih maksimal lantaran persediaan air lebih memenuhi.

 

 

Baca Juga : Penanaman Sawi Di Polybag

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s