Cara Penanaman Buah Kedondong Di Dalam Polybag

Kedondong yaitu tanaman buah yang juga dikenal dengan nama Amberella. Tanaman ini masuk dalam jenis mangga-mangga an. Buah kedondong digunakan untuk hidangan buah atau asinan serta di buat selai. Daun kedondong dapat juga dipakai untuk penyedap masakan pepes.

Menanam buah kedondong begitu mudah, lantaran kedondong bisa tumbuh di semua tempat ketinggian, media tanah dari mulai yang lempeng hingga berpasir. Asal kan memiliki unsur hara yang cukup untuk perkembangan. Curah hujan tengah, cahaya matahari 80%, suhu hawa untuk perkembangan sekitaran 20-32 derajat C.

Langkah menanam/budidaya kedondong di polybag
Yang perlu disiapkan untuk melakukan penanaman/budidaya kedondong di polybag yaitu :

1. Media tanam yakni tanah serta polybag

2. Sediakan tanah, bokashi serta aduk secara rata dengan perbandingan 1:1, kemudian berikan furadan 3g (Insektisida untuk mencegah hama dari tanah) campur secara rata.

3. Lalu persiapkan polybag dengan diameter kurang lebih 50 cm serta tinggi 50 cm.

Polybag Pembibitan Tanaman 3

4. Bibit kedondong disediakan yang dari perbanyak secara vegetatif (Stek, cangkok, sambung pucuk) lantaran lebih cepat berbuah serta sama dengan induknya. Bibit harus sehat serta bukan dari tanaman yang terkena penyakit.

 

 

Menanam kedondong di polybag

Masukan tanah yang bercampur bokashi dalam polybag setinggi 25 cm lalu siram hingga basah, lantas masukan bibit kedondong serta atur akarnya menebar rata serta setelah itu timbun dengan tanah serta kerjakan pengairan dengan cara rata, kemudian pasang tajuk serta ikat dengan tali supaya tanaman tak bergerak.

 

 

Perawatan Tanaman Kedondong

Penyiraman tanaman yang masih baru dikerjakan pagi serta sore, apabila sudah hidup dapat dikerjakan 2 hari sekali apabila telah mulai besar bisa dikerjakan 4-6 hari sekali melihat keadaan tanah.

Penyulaman dikerjakan dengan mengganti tanaman yang mati atau kurang sehat dengan tanaman yang baru serta sehat.

Pembersihan gulma dikerjakan apabila rumput pengganggu sudah tumbuh, pekerjaan ini dikerjakan 2 minggu sekali

Pemupukan tanaman kedondong dikerjakan pertama kalinya pada usia 2 minggu, untuk pertumbuhan pakai pupuk yang memiliki kandungan Nitrogen tinggi seperti Urea/NPK, dapat juga pupuk cair, dosis awal pemupukan yakni 20 gram/1 sendok makan, sebar di sekitar batang tanaman lalu kerjakan pengairan hingga pupuk larut. Lalu pemupukan setelah itu dikerjakan pada usia 1 bulan, 2 bulan, 4 bulan, 8 bulan dan sebagainya serta butuh ditambahkan pupuk bokashi setiap kali pemupukan, untuk dosis pemupukan ditambahkan sesuai dengan usia tanaman. Serta tiap-tiap sesudah pemupukan mesti dikerjakan pengairan/penyiraman hingga pupuk larut dalam tanah.

 

 

Pemanenan Kedondong

Panen tanaman kedondong dapat dikerjakan sesudah tanaman usia 1-1, 5 tahun sesudah penanaman, buah yang siap dipetik apabila telah tua di pohon cirinya diantaranya : warna kulit buah telah hijau tua, serta telah beraroma harum. Langkah panen dengan dipetik tangkainya serta dihimpun dalam keranjang.

 

 

Apabila anda ingin memesan polybag dengan ukuran khusus dapat memesan pada kami selaku CV Lim Corporation sebagai distributor dan produsen polybag. Klik website berikut Cara Order/Pemesanan Barang

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s