Ini Loh Penanaman Kemangi Di Polybag

manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan-pria-dan-wanita

CARA MENANAM/BUDIDAYA KEMANGI DI POT/POLIBAG, Kemangi yaitu tumbuhan perdu yang gampang hidup di dataran rendah serta tinggi, tumbuhan ini memiliki bau yang khas, kuat seperti mint, daunnya di gunakan untuk campuran lalapan bersama dengan timun serta kubis pada hidangan ayam serta bebek goreng, serta nasi pecel. Tumbuhan kemangi juga dipakai untuk bahan obat hebal yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan badan.
Tumbuhan kemangi berguna untuk lalapan serta obat herbal, lantaran memiliki banyak guna serta manfaat, kita butuh untuk membudidayakan tanaman ini, untuk menanam bisa dikerjakan di tanah pekarangan atau pot dan polibag yang diletakkan di rack kayu disamping rumah.
Di bawah ini langkah menanam/budidaya kemangi dipot/polibag.
Beberapa bahan yang butuh disediakan untuk membudidayakan kemangi di pot/polibag diantaranya :

Polybag Pembibitan Tanaman 3

Pot/polibag
Pakai pot/polibag ukuran sedang, kurang lebih diameter 30 cm.

 

 

Tanah serta bokashi/kompos
Bokashi serta tanah digabung jadi satu dengan perbandingan 1 : 1, lalu tambahkan insektisida furadan 3g 2 sendok makan setiap polibag. ini untuk mengatur hama dari tanah. lalu masukan campuran tanah serta bokashi kedalam polibag.

 

 

 

 

 

Bibit kemangi
Bibit kemangi bisa di beli ditoko pertanian atau pusat pembibitan tanaman, dapat juga bikin sendiri, cari tanaman kemangi yang telah tua ambillah bunga yang sudah tua lalu gosok dengan tangan jadi bibitnya bakal terlihat hitam kecil, lalu kumpulkan.
Air, sekop kecil, slang serta sprayer yang lembut.

 

 

LANGKAH MENANAM KEMANGI DI POT/POLYBAG

Siram tanah di polibag/pot hingga basah rata, kemudain taburkan biji kemangi ke pot/polibag, setelah itu tutup dengan tanah yang lembut.

 

 

PERAWATAN TANAMAN KEMANGI

 

Penyiraman dikerjakan setiap hari untuk tanaman yang baru dengan memakai air yang tidak deras, apabila sudah tumbuh penyiraman dapat dikurangi jadi 2 hari sekali.

Penyulaman serta penjarangan dikerjakan apabila ada tanaman yang terlalu padat atau sebaliknya, supaya pertumbuhannya merata.

Pembersihan gulma/rumput dilakukan 2 minggu sekali atau apabila rumput telah tumbuh.
Pemupukan dikerjakan 2- 3 minggu sekali, pakai pupuk kompos/bokashi, sebarkan rata pada polibag lalu siram hingga larut. Dapat pula pakai pupuk organik cair (POC).

 

 

PEMANENAN KEMANGI

 

Tanaman kemangi mulai bisa dipetik umur 55 hari tergantung kesuburan tanah tempat tumbuh, tanah yang subur bakal mempengarui perkembangan daun tanaman cepat vigor serta cepat bercabang hingga cepat rimbun serta mempercepat umur panen tanaman.

 

Begitulah cara menanam kemangi di polybag/pot, semoga dapat membantu anda sekalian.

 

Baca Juga : Budidaya Strawberry di dalam Polybag

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s