Peluang Usaha Yang Menjajikan Dengan Tanaman Cengkeh

 

Cengkeh merupakan salah satu diantara komoditas unggulan di Indonesia. Karena itu cengkeh disebut tanaman asli negeri ini, cengkeh telah banyak dibudidayakan di beberapa pelosok-pelosok Indonesia. Terutama dikepulauan Banda dan sekitarnya. Cengkeh sangat bermanfaat untuk beberapa hal, seperti sebagai bahan campuran bumbu makanan, sebagai bahan baku minya cengkeh, dan campuran rokok kretek.

Sekarang ini cengkeh sudah menyebar secara rata, dapat dibuktikan. Karena sudah banyak daerah telah mulai membudidayakannya. Karena keuntungan usaha dikomoditi kali ini telah benar-benar sangat terbuka. Jadi, kesempatan usaha/berbisnis pembibitan cengkeh mempunyai prospek yang cerah, karena tingginya keinginan yang ada.

Tanaman cengkeh yang dibudidayakan di Indonesia sendiri pada umumnya hanya 3 tipe cengkeh, yaitu Zanzibar, Sikotok, dan Cengekeh Siputih. Ketiga cengkeh trsbt tentu saja memiliki perbedaan dan memiliki kelebihan sendiri-sendiri.

Kesempatan Berbisnis Pembibitan Cengkeh

Sekarang ini, yang paling banyak dibudidayakan yaitu jenis cengkeh Zamzibar dan Siputih. Karena cengkeh jenis trsbt mrupakan cengkeh asli dan sudah dibudidayakan secara turun temurun antar generasi. Bahkan pada panen pertama, pohon cengkeh memiliki perawatan yang baik, supaya dapat membawa hasil panen yang bagus, berkisaran 1/2 kilo cengkeh basah perpohon.

Apakah anda sudah tertarik dengan prospek kedepannya yang akan anda dapatkan bila bertanam tanaman cengkeh? Jika sudah maka yang perlu anda lakukan yaitu segeralah melakukan beberapa langkah atau prosedur yang perlu anda perhatikan berikut ini:

1. Prasyarat Perubahan Tanaman Cengkeh
Tanaman cengkeh dapat tumbuh melalui langkah maksimal pada ketinggian 300-600m. Dengan suhu berkisar 22°-30°C, dan curah hujan yang berkisar pada 1500-4500 mm/th. Keadaan tanahnya yaitu tanah gembur dengan kedalaman solum min. 2m. Tidak berpadas dengan pH maks. 5,5 – 6,5. Tanah jenis latosol, andosol dan podsolik merah sangat baik untuk dijadikan perkebunan cengkeh.

2. Sistem Pembibitan Tanaman Cengkeh
Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut:
a. Buatlah bedengan untuk naungannya dengan lebar 1 – 1,2 m dan panjang sama dengan kebutuhan dengan arah membujur ke utara selatan. Kanan kiri bendengan dibuat parit sedalam 20 cm dan lebar 50 cm. Diatas bedengan dibuat naungan setinggi 1,8 m dibagian timur dan 1,2m dibagian selatan. Intensitas sinar 75%

b. Benih ditanam pada polybag dengan ukuran 15 cm x 20 cm (untuk bibit yang akan dipindahkan pada umur 1 th) atau ukuran 20cm x 25cm (untuk bibit yang akan dipindahkan umur 2 th) bagian bawah yang sudah dilubangi 2,5mm dengan jarak 2x2cm. Media yang dipakai pasir halus, tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1, dan berikanlah alami glio per 20-25kg pupuk kandang yang telah jadi dan diperam sepanjang kurang lebih 2 minggu. Serta lebih dahulu bibit ditanam siram tanah dengan poc nasa 5 ml/lt air atau 0,5 tutup perliter air. Lantas susun plastik polybag pada persemaian yang telah disediakan.

*Untuk kebutuhan polybag atau info lebih lanjut silahkan hubungi nomer berikut: 087702821277 atau klik disini!

c. Penyiraman dilakukan 2x dalam sehari. Penyiangan dilakukan 2-3 kali dalam satu bulan sesuai dengan pergantian gulma. Intensitas naungan perlahan dikurangi melalui langkah bertahap hingga tinggal 40%. Waktu pembibitan dipindahkan ke lega.

d. Pemupukan dengan NPK dilakukan dengan dosis 10 gr/pohon/th. Atau mungkin saja dengan urea, SP-36 dan KCI dengan dosis semasing 3,5gr/bibit/th. Pupuk itu diberikan masing-masing 3 bln. Sekali tengah untuk yang didalam polybag diberikan sebagian 1,5 bln sekali. Demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat

Baca Juga Artikel Berikut:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s